Honda Astrea Grand, Motor Bebek Jadul yang Bandel dan Awet

 10901 views

merupakan salah satu merek sepeda motor yang sangat populer di Tanah Air. Pasalnya, asal itu memang kerap merilis sepeda motor yang sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dan, salah satu sepeda motor keluaran Honda yang banyak digemari adalah Honda Astrea Grand.

honda astrea grand – motokars.com

 

Sepeda motor ini pertama kali dirilis pada sekitar tahun 1991 sebagai penerus Astrea Prima. Astrea Grand sangat populer pada waktu karena motor ini dikenal bandel, irit, dan awet sehingga sangat cocok digunakan sebagai transportasi sehari-hari.

Dari sisi tampilan, Astrea Grand memiliki desain bodi yang dibuat lebih aerodinamis dan slim dibanding Astrea Prima. Bentuk headlamp dan stop lamp motor ini juga dibuat minimalis dan mengikuti lekukan bodi sehingga tidak terkesan kaku. Selain itu, Astrea Grand juga mengusung footstep belakang dengan penempatan dudukan terpisah dari swing arm untuk meminimalkan getaran.

Pada tahun 1994, Astrea Grand kembali mengalami pembaruan dengan penambahan spoiler duck tail di belakang beserta stop lamp. Pada era ini, penjualan Astrea Grand makin meningkat tajam.

Sementara untuk sektor jantung pacu, Astrea Grand menggendong C-Series, yaitu tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, berpendingin udara, dengan 85,8cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga hingga 7,3 dk pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 7,55 Nm, yang disalurkan melalui sistem transmisi manual 4 percepatan.

Meski sudah tidak diproduksi lagi, namun bekas Honda Astrea Grand masih banyak diburu. Model bekas motor ini di pasaran dijual di kisaran Rp2.500.000 hingga Rp3.600.000. Berikut spesifikasi teknis Honda Astrea Grand.

Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, pendingin udara
Isi Silinder 85,8cc
Diameter x Langkah 47,0 x 49,5 mm
Rasio Kompresi 9,4:1
Daya Maksimum 7,3 dk @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 7,55 Nm
Sistem Transmisi Manual, 4-speed
Keihin 16 mm
Kopling Manual, Basah, Multi-plat
Tipe Rangka Back bone
Jarak Sumbu Roda 1.180 mm
Berat Kosong 83 kg
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
Depan 2,25-17 4PR
Ban Belakang 2,50-17 4PR
   
Penulis: