Honda Bakal Hadirkan Motor CB125X dan CB125M di Indonesia?

Jakarta – Dalam ajang bergengsi EICMA di Milan, Italia belum lama ini pabrikan asal Jepang, memperkenalkan berkapasitas kecil untuk kelas entry level, yakni Honda CB125X dan Honda CB125M. Motor tersebut dikembangkan oleh R&D Honda Italia memakai basis motor lawas MBX125 yang pernah populer di tahun 1980-an. Sementara itu untuk dan rangkanya mengusung basis CB125.

Concepts Honda CB125M – (Youtube: MNC – Le Journal moto du Net)

Walaupun menggendong mesin kecil, namun motor konsep Honda CB125X dan Honda CB125M tampil layaknya motor gede (moge). Honda CB125M ditujukan untuk petualang yang senang melaju di jalur allroad beraspal, sedangkan CB125X diperuntukkan pengendara motor dual purpose.

Dari segi tampilan, Honda CB125X tampak mirip dengan Honda Afrika Twin dan CRF450 yang dipakai dalam reli Dakar. CB125X dilengkapi suspensi depan yang mempunyai jarak travel panjang. Lalu dan velg juga memakai desain CRF, yakni kombinasi diameter yang berbeda antara depan dan belakang serta karet bundar cangkul. Untuk knalpotnya memakai SC Project yang menjulang tinggi supaya aman dari genangan air.

Lalu untuk swing arm tak memakai desain standar motor CB125, tetapi desain yang lebih kekar. Di sektor pengereman ditunjang dengan rem cakram yang diameternya lebih lebar. Velg pun telah dibekali yang bahannya dari aluminium dengan jari-jari yang kuat.

Sedangkan Honda CB125M memakai basis desain CRF tetapi cenderung berkonsep supermoto. Lampu depan tampak futuristik dengan desain lampu berukuran kecil. Suspensi memakai model upside down tetapi jarak travel lebih pendek, velg casting wheels dengan diameter 17 inci, serta cakram berdiameter lebar tanpa lubang ventilasi.

Terkait kemungkinan kedua motor itu bakal dihadirkan ke Indonesia, President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma mengakui jika motor konsep tersebut memang telah mencuri perhatian khalayak. Inuma hanya mengisyaratkan bahwa CB125 bisa saja dipasarkan di Indonesia, tergantung dari antusiasme publik.

“Kami memiliki perhatian pada model konsep itu, kenapa tidak jika konsumen menginginkan, tentu jika antusiasnya tinggi dari konsumen. Tunggu saja saatnya,” jelas Inuma di Pangandaran, , Sabtu (17/11), seperti dilansir Viva.

   
Penulis: