Honda Chaly, Si Imut Tunggangan Kaum Cewek

 4874 views

Bagi Anda yang menggemari motor Honda, pasti sudah tidak asing lagi dengan Honda Monkey. Honda Monkey adalah motor buatan pabrikan asal Jepang dengan dimensi atau mini, ringan, dan bisa dilipat. Dalam bahasa produksinya, Honda Monkey ini diberi nama dengan kode Z Series.

Honda Chaly – apipotoblog.com

 

Motor ini pertama kali mengawali eksistensinya pada tahun 1961 dalam pameran motor Honda di Honda’s Tama Tech Amusement Park dan Sirkuit Suzuka. Ketika itu, Honda menghadirkan sepeda motor prototipe berukuran kecil dan berdesain unik dengan kode Honda Z100.

Karena antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, model ini kemudian dikembangkan menjadi versi jalan raya dengan kode CZ100. Model inilah yang kemudian menjadi populer dan diekspor dalam jumlah terbatas ke Benua Eropa pada tahun 1963.

Selang empat tahun kemudian, CZ100 dikembangkan lagi menjadi versi yang lebih baru dengan kode Z50M. Perubahannya masih sebatas penempatan seat atau jok menjadi lebih tinggi serta posisi setang yang bisa ditekuk agar lebih mudah untuk dikendarai. Sementara bagian lainnya, seperti atau roda, masih berukuran sama persis dengan model CZ100 dan tetap tanpa suspensi (rigid).

Berturut-turut, meluncur model Z50Z (JDM) untuk pasar dalam negeri Jepang dan Z50A untuk pasar Amerika dan Eropa. Disusul kemudian dengan kehadiran Z50A K3 yang sudah menerapkan suspensi belakang dan model Z50J yang sudah menggunakan suspensi lengan ayun. Lalu, model terakhir ini diperbarui menjadi Seri J-I, J-II, dan J-III (dikenal juga sebagai Honda Gorilla).

Selain itu, Honda juga pernah meluncurkan model special edition Honda Monkey, yaitu Honda Monkey Kumamon. Kumamon sendiri merupakan beruang yang menjadi maskot resmi Japan Kumamoto Prefecture. Maskot itu dibuat Pemerintah Daerah Kumamoto pada tahun 2010 sebagai maskot pariwisata. Dan, Kumamoto menjadi salah satu rumah bagi pabrik motor Honda.

Umumnya, Honda Monkey ditujukan untuk para pencinta otomotif dengan jenis kelamin laki-laki. Namun, bukan berarti perusahaan dengan logo sayap mengepak itu mengesampingkan konsumen perempuan. Khusus untuk cewek, Honda menghadirkan model Chaly, sebuah sub-varian dari Honda Monkey atau Honda Dax dengan desain lebih imut dan terkesan feminin.

Secara resmi, Honda Chaly pertama kali dirilis pada tanggal 18 Juli 1972 di Negeri Sakura. Tiga varian langsung lahir di tahun yang sama dengan kode 50-I CF, 50-II CF, dan CCF 70. Kode angka menyimbolkan kapasitas mesin yang diusung, yaitu 49cc (dibulatkan 50cc) dan 72cc. Awalnya dipasarkan dengan platina, motor ini kemudian mendapat pembaruan sistem kelistrikan dengan dan mesin yang lebih kuat.

Di Jepang, motor ini sangat laris diburu para perempuan dan ibu-ibu karena tampilannya yang imut yang bisa menambah keren sang pengendara. Di sektor jantung pacu, Honda membekali model Chaly dengan mesin air-cooled, singel cylinder, 4 valve, berkapasitas 49cc. Saat ini, Honda Chaly dipasarkan dengan harga mulai 300 euro hingga 1.600 euro di pasar Eropa. Berikut teknis Honda Chaly.

Mesin Air-cooled, single cylinder, 4 valve
Kapasitas Mesin 49cc
Diameter x Langkah 39 x 41,4 mm
Rasio Kompresi 10:1
Sistem Starter Kick
Transmisi 3-percepatan
Rangka Low floor backbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm
Rem Depan dan Belakang Mechanical type leading & trailing
Ban Depan dan Belakang 3,50-10-2PR
Dimensi 1.665 x 645 x 985 mm
Jarak Sumbu Roda 1.100 mm
Tinggi Jok 710 mm
Berat Kosong 72 kg
Kapasitas Bahan Bakar 2,8 L
   
Penulis: