Honda CL350 Scrambler, Street Bike Populer Era 1960-an

 225 views

Scrambler merupakan salah satu model modifikasi yang cukup diminati, bahkan hingga detik ini. Modifikasi yang berawal dari ajang balap era 1920-an di Inggris ini pada dasarnya disesuaikan agar sepeda mampu melalui berbagai medan. Biasanya, diganti menggunakan knobbly atau ban tahu, peninggian ground clearance dan knalpot, serta memangkas jok menjadi lebih rata. Dari sisi , scrambler terbagi ke dalam beberapa sub-kategori lagi, dengan model yang terkenal adalah classic scrambler dan modern scrambler.

CL350 Scrambler – www.motorcycleclassics.com

Pamor modifikasi scrambler ini mencapai puncaknya pada era tahun 1960-an. Melihat peluang yang ada, banyak pabrikan yang kemudian merilis sepeda motor model scrambler, salah satunya Honda. Sepanjang sejarahnya, banyak scrambler yang pernah dibuat pabrikan asal Jepang ini, tetapi yang relatif paling terkenal adalah model Scrambler CL350.

Dikutip dari berbagai sumber, Honda pertama kali memperkenalkan motor ini pada tahun 1968 silam. Brosur pra-produksi disiapkan dengan menggunakan prototipe yang dibantu oleh seorang seniman dan airbrush. Jadi, ada beberapa perubahan antara gambar dengan produksi ekspor Amerika Serikat. Alih-alih mengusung warna hitam, wadah lampu depan malah diberi sentuhan agar sesuai dengan bagian warna tangki. Selain itu, meski brosur menunjukkan dua pipa knalpot chrome yang terpisah, tetapi model produksi justru membawa knalpot yang tidak dilapisi chrome.

Nama model ini biasanya diikuti dengan kode K1-K5, sesuai dengan tahun produksi. Misalnya, Honda CL350 yang dibuat pada tahun 1970, maka nama resmi yang diusungnya adalah CL350K2 Scrambler, dan seterusnya. Namun, semua CL Series pada dasarnya adalah street bike dengan fender belakang dan knalpot yang lebih tinggi, serta setang model cruiser yang cocok untuk berpetualang.

Di bagian jantung pacu, semua model CL350 Scrambler mengusung tipe 4-stroke, OHC, parallel twin dengan dua karburator CV, berkapasitas 325cc, pendingin udara. Dengan modal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 33 HP pada putaran 9.500 rpm dan menggapai torsi puncak 25 Nm, melalui sistem transmisi manual 5 percepatan.

Ketika diluncurkan hingga tahun 1973, Honda menghadirkan model CL350 Scrambler dalam pilihan warna yang beragam, seperti putih, kuning, hingga biru. Di Indonesia, produk bekas sepeda motor ini ditawarkan dengan mulai Rp17 jutaan. Berikut teknis Honda CL350 Scrambler.

Tipe Mesin 4-stroke, OHC, parallel twin cylinder
Kapasitas Mesin 325cc
Diameter x Langkah 64 mm x 50,6 mm
Sistem Pendinginan Air-cooled
Rasio Kompresi 9,5:1
Sistem Starter Electric & Kick
Daya Maksimum 33 HP @ 9.500 rpm
Torsi Maksimum 25 Nm
Sistem Transmisi Manual, 5-speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Dual shocks
Rem Depan Drum brake
Rem Belakang Drum brake
Ban Depan 3,00-19
Ban Belakang 3,50-18
Kapasitas Bahan Bakar 9 L
Kecepatan Maksimum 100 mph
Berat 346 lbs.
   
Penulis: