Honda Lagi Siapkan CRF1000L Africa Twin Terbaru, Bakal Usung Mesin 1.084cc?

Jakarta – Produsen ternama asal Jepang, belakangan ini santer dikabarkan sedang mempersiapkan generasi dari adventure andalan mereka, CRF1000L Africa Twin. Kabar ini diperkuat usai meluncurkan video teaser dari CRF1000L Africa Twin di YouTube. Pada bagian akhir video terpampang tagline “True Adventure” ditambah tulisan yang menjadi ciri khas motor jenis petualang tersebut.

Honda CRF1000L Africa Twin – www.advpulse.com

Kabar terkait terbaru dari CRF1000L Africa Twin sendiri memang sudah berembus dari awal tahun 2019 lalu, tetapi kala itu masih sebatas kabar dan belum ada konfirmasi apapun dari pihak Honda. Menurut laporan yang beredar, Honda akan membuka tabir Africa Twin teranyar pada akhir tahun ini atau tahun depan.

“Detail tentang motor baru itu memang belum banyak terungkap, tapi kuat dugaan pakai nama Honda CRF1100L Africa Twin. Jika benar, artinya yang diusung lebih besar dari pendahulunya,” demikian seperti dilansir Zigwheels melalui Oto. Sebagai informasi, motor penjelajah itu memakai kode SD04 untuk 2015-2017, SD06 untuk 2018-2019, dan yang baru nantinya akan menggunakan SD09. Perubahan ini tentunya ada pada sektor yang dikabarkan lebih besar, yakni berkapasitas 1.084 cc.

Untuk urusan , Honda Africa Twin 2020 disebut-sebut bakal mengusung mesin paralel twin-silinder, berpendingin cairan yang diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimum 101 Hp pada 7.500 rpm. Tenaga tersebut naik sebesar 7 Hp dari model sebelumnya yang hanya mencapai 94 Hp. Peningkatan 86 cc ini ditunjang dengan perubahan stroke dari yang sebelumnya 75,1 mm menjadi 81,5 mm. Sedangkan untuk bore kemungkinan masih sama. Kenaikan tersebut dinilai tak terlalu signifikan walau kapasitasnya berubah cukup drastis. Hal ini diduga guna memenuhi standar emisi Euro 5.

Seperti halnya generasi sebelumnya, Honda Africa Twin 2020 juga tersedia dalam manual dan DCT atau Transmisi Kopling Ganda. -fitur lama juga kemungkinan masih tetap ada, misalnya kontrol traksi Honda Selectable Torque Control (HTSC), throttle-by-wire, dan empat riding mode; Tour, Urban, Gravel, dan User yang dapat diatur sendiri. baru seperti cruise control pun kabarnya bakal ikut disertakan dalam CRF1100L Africa Twin generasi anyar.

   
Penulis: