Honda EV Cub Concept, Reinkarnasi Honda C70 Bertenaga Listrik

 3083 views

Pada ajang Tokyo Motor Show 2015 yang digelar Oktober lalu, memamerkan salah satu unit motor terbarunya, yaitu EV Cub Concept. reinkarnasi C70 ini kembali diperkenalkan ke publik pada gelaran Auto Expo 2016 di India yang berlangsung 3-9 Februari kemarin.

soloraya.com

 

Honda EV Cub Concept yang memiliki dimensi 1.840 mm x 676 mm x 1.015 mm ini memang sengaja disiapkan oleh Honda sebagai motor ikonik bagi perusahaan Honda Goldwing. Motor ini sendiri dibuat untuk transportasi di daerah perkotaan, terutama untuk negara-negara di wilayah Asia, yang penduduknya mengandalkan motor untuk mobilitas sehari-hari.

“Ini merupakan kendaraan jarak pendek yang bisa digunakan untuk mengangkut satu orang,” tulis Honda dalam siaran resminya. “Sama sperti pendahulunya (C70), motor ini juga menggabungkan konsep ekonomis dan mudah dikendarai.”

Seperti dijelaskan sebelumnya, Honda EV Cub Concept mengusung tampilan yang sangat identik dengan Honda C70 dan angkatannya. Bedanya, motor ini tampil lebih modern dengan pemakaian tenaga listrik, dengan bekal baterai yang bisa diisi ulang dan diletakkan di tengah motor agar mudah dijangkau saat akan menyalakan atau mematikan . Daya baterai tersebut kemudian disalurkan ke CVT, mirip seperti yang terdapat pada skuter matik.

Ubahan lain yang tak kalah mencolok adalah bentuk swing arm dan velg yang lebih sporty karena sudah tidak menggunakan jeruji. Selain itu, perubahan paling kentara terletak pada stang berlapis krom yang didesain menyatu dengan lampu depan hingga garpu roda. Meski bentuk lampu depan tidak banyak berubah jika dibandingkan 45 tahun silam, namun isinya sudah disegarkan dengan hadirnya rangkaian lampu LED.

Honda EV Cub Concept rencananya akan mulai diproduksi massal pada tahun 2018 mendatang. Motor ini juga rencananya akan dipasarkan pertama kali di , kemudian disusul dengan negara-negara lain, khususnya negara di kawasan ASEAN.

Sekadar informasi, pendahulu motor ini, yaitu C70,  merupakan salah satu varian motor Honda yang paling sukses dengan terjual hingga 60 juta unit. Di Indonesia, C70 kerap disebut dengan pitung puluh.

   
Penulis: