Sambut 2021, Honda Forza 125 Akhirnya Resmi Mengaspal

Sepeda-motor.info – Setelah sempat dipamerkan dalam gelaran Bangkok International Motor Show 2020, Honda akhirnya resmi memasarkan Forza 125 untuk pasaran pada awal tahun 2021 ini. Menjadi unggulan asal Jepang di segmen matik dan hadir dengan sejumlah canggih, sayangnya harga Forza mini masih belum dibocorkan secara resmi.  

Honda Forza 125 – www.motoservices.com

Secara tampilan, Forza 125 mengusung yang tidak jauh berbeda dengan Forza 350 yang dirilis bersamaan. Meski demikian, Forza mengalami sedikit penyegaran, termasuk desain ulang fairing depan dan belakang, rear side panel, penutup mesin baru, dan kaca spion baru. Walau revisi ini terlihat minim, tetapi Honda mengklaim penyegaran tersebut memiliki aerodinamika yang lebih baik.

Pabrikan pun menyematkan sejumlah fitur yang terbilang canggih. Ada lampu LED penuh, sistem Idling Stop, pengapian Smart Key, dan starter ACG. Forza 125 2021 juga membawa kaca depan elektrik yang diperbarui dan dibentuk ulang dengan ketinggiannya dapat diatur hingga 40 mm. ini pun dibekali dengan port USB, bukan titik pengisian Accu 12V yang ada pada varian sebelumnya.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, perusahaan asal Jepang menanamkan mesin silinder tunggal, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 124,9cc, dan sudah memenuhi standar Euro5. Dengan modal tersebut, Forza 125 diklaim dapat mengeluarkan tenaga maksimal 14 HP pada putaran 8.750 rpm dan meraih torsi puncak di angka 12 Nm pada putaran 8.250 rpm.

Walau sudah dirilis untuk beberapa pasaran, ternyata pihak PT Astra Honda Motor () belum terlalu tertarik mendatangkan model ini untuk pasaran Indonesia. Menurut perusahaan, pasar Forza di dalam negeri masih bisa dibilang kecil, hanya mereka yang ingin naik big scooter dengan mesin besar. “Belum ada rencana (masuk),” ujar General Manager Corporate Communication PT , Ahmad Muhibbuddin, beberapa waktu lalu, seperti dilansir Tempo.

Perlu diketahui, saat ini, AHM menjual Forza berkapasitas 250cc untuk pasaran dalam negeri. tersebut ditawarkan dengan harga Rp83,810 jutaan per unit. Ini membuat Forza 250 menjadi skuter matik PT AHM dengan harga paling mahal. Model paling mendekati adalah Honda PCX Hybrid yang dilepas Rp43,293 jutaan per unit.

Baca juga:   Siap Rilis di Indonesia, Skuter Lambretta Mulai Tebar Pesona
   
Penulis: