Honda & Hitachi Kerjasama Produksi Motor Listrik

Tokyo rupanya ingin lebih serius dalam menggarap segmen listrik. Pabrikan asal Jepang ini berencana untuk menjalin kerjasama dengan produsen elektronik supaya dapat mengembangkan listrik yang lebih murah.

Honda & Hitachi – dailysabah.com

Lewat kerjasama tersebut, kedua perusahaan ini akan mengembangkan generasi terbaru dari motor listrik yang diproduksi Honda. Sebagai permulaan rencananya motor listrik tersebut akan dipasarkan ke sejumlah negara seperti Jepang serta kemudian berlanjut ke Tiongkok dan Serikat.

Ketiga negara itu akan dijadikan tempat perakitan dan penjualan motor listrik hasil kerjasama Honda dan Hitachi. “Memproduksi motor membutuhkan modal yang sangat banyak. Jadi daripada sekadar memproduksi untuk kepentingan kami, kami ingin memproduksi dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih luas,” kata CEO Honda, Takahiro Hachigo, Jumat (10/2).

“Dengan bekerja sama dengan Hitachi kami berharap bisa mendapatkan pembelajaran dalam hal angka volume produksi,” imbuh Hachigo.

Agar semakin memantapkan proses sepeda motor listrik tersebut, Honda dan Hitachi akan membangun perusahaan patungan pada bulan Juli 2017 mendatang dengan menggelontorkan dana sebesar 5 miliar yen. Perusahaan patungan itu sahamnya senilai 51% akan dimiliki Hitachi dan sisanya adalah milik Honda.

Kedua pabrikan besar ini akan memproduksi motor listrik yang akan dipakai di mobil hybrid bensin, plug in hybrid dan mobil listrik. Sebelumnya PT Astra Honda Motor juga pernah memboyong skuter listrik pertamanya bernama EV Neo ke .

Motor bertenaga listrik ini memanfaatkan baterai lithium ion dan memiliki kecepatan maksimum 34 km per jam. Skuter yang khusus dirancang untuk dinaiki 1 orang tersebut dilengkapi sebuah boks barang dengan kapasitas maksimal 30 kg.

   
Penulis: