Honda Luncurkan Motor Klasik Monkey Edisi Khusus 50 Tahun

 519 views

Tokyo – Sejak pertama kali dirilis tahun 1967 silam, Honda Monkey Z50M memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar . Untuk merayakan usianya yang memasuki 50 tahun, Honda Jepang akhirnya merilis edisi spesial Monkey 50th Anniversary yang dijual secara eksklusif dengan khusus.

Honda Monkey Edisi Khusus 50 Tahun – otomotif.kompas.com

 

mungil ini dinamai Monkey karena saat dinaiki posisi duduk dan stang-nya membuat sang pengendara seolah mirip seperti topeng monyet. Sayangnya unik ini kabarnya hanya diproduksi secara terbatas alias limited edition sebanyak 1.800 unit saja.

Honda Monkey edisi ulang tahun ini hadir dengan sentuhan emblem 3D yang unik dan bodi-nya bernuansa putih dari warna Pearl Sunbeam. Bagian atas tangki memakai warna merah untuk semakin memperlihatkan ciri khas motor klasik Honda. Skema warna pada edisi ini masih menyesuaikan dengan generasi terdahulunya.

Supaya kesan retro lebih terasa, Honda menyisipkan pola kotak-kotak di bagian jok. Kemudian untuk menandai edisi 50 tahun, Monkey baru ini juga dibekali logo khusus di bagian belakang kursi serta kunci khusus.

Walau tampilannya memang berbeda dari versi , rupanya yang diusung masih tetap sama. Honda Monkey edisi khusus ini memiliki dimensi panjang 1.365 mm, lebar 600 mm, dan tinggi 850 mm. mesinnya masih 49 cc namun sudah menggunakan injeksi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 3,4 PS dan torsi 3,4 Nm. Honda Jepang membanderol unik ini dengan harga 352.080 yen atau sekitar Rp 41,2 juta, sudah termasuk pajak.

Tahun lalu sempat tersebar foto motor mungil di internet yang diduga adalah Honda Monkey generasi terbaru. Bedanya, motor mungil itu disebut-sebut akan memakai mesin 125 cc dari Grom. Namanya pun tak lagi memakai Monkey, tetapi Gromlin.

Motor Gromlin tersebut memakai lengan ayun turbular dan desain knalpot mirip Monkey. Namun bagian lainnya seperti rangka, roda, rem, dan suspensi menggunakan milik Grom. Akan tetapi sampai saat ini masih belum jelas kapan motor itu bakal diproduksi.

   
Penulis: