Honda Luncurkan Skuter Unik & Murah, Honda Cliq Harga Rp 8 Jutaan

 1459 views

New Delhi Motorcycle and Scooter India (HMSI) baru saja merilis sepeda skuter matik (skutik) bernama Honda Cliq. Motor dengan tampilan unik ini nantinya tak hanya dipasarkan di negeri Hindustan saja, tapi juga ke sejumlah negara lainnya.

Honda Cliq – autotekno.sindonews.com

Usai meraih kesuksesan lewat Activa dan Navi, HMSI sepertinya tertarik untuk kembali memproduksi motor-motor dengan unik di India. Honda Cliq sendiri kelak akan diproduksi di pabrik Honda yang berlokasi di Rajasthan.

Motor yang disebut-sebut sebagai skutik termurah Honda ini dibanderol dengan harga RS 40 ribuan atau sekitar Rp 8 jutaan jika dirupiahkan. Honda Cliq tersedia dalam warna-warna yang menarik, yani patriot red, Moroccan blue, orcus grey, dan hitam.

“Enam dari 10 kendaraan roda dua yang terjual di India termasuk dalam segmen 100-110cc. Di segmen ini, pertumbuhan sangat luar biasa dan sekarang diperhitungkan. Dengan permintaan yang sangat tinggi dan beragam kebutuhan pelanggan, segmen ini siap melakukan sub segmentasi. Sebagai pemimpin kategori skutik, Honda telah mengembangkan CLIQ yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan nilai kenyamanan,” jelas Minoru Kato, Presiden dan CEO HMSI, seperti dilaporkan Rushlane.

Desain tampilan Honda Cliq jika diperhatikan sepintas mirip sepeda motor Honda era 70-80an. Namun di bagian belakang mengusung nuansa mirip Nouvo dan Scoopy. Pasalnya di bagian tengah terdapat varian yang memakai backbone (rangka tengah) seperti motor bebek dan ada yang polos seperti Scoopy.

Walaupun kubikasi mesinnya hanya 110 cc, namun kombinasi satu silinder BS-IV dengan Honda Eco Technology (HET) disebut-sebut mampu menghasilkan tenaga 8 bhp pada 7.000 rpm dan torsi 8,94 Nm pada 5.500 rpm. Top speed yang dapat ditempuh motor yang dilengkapi Combi-Braking System ini adalah 83 km per jam.

Selain itu, Honda Cliq mengusung suspensi multilink di bagian depan yang mirip seperti di Indonesia. Sementara itu di bagian belakang menggunakan coilover. Walaupun fiturnya relatif minum, Honda Cliq ternyata dibekali fitur mobil charging socket di balik joknya yang dapat memudahkan pengendara melakukan pengisian daya gadget. Bobot Honda Cliq juga sengaja dibuat lebih ringan dibanding Activa, yaitu 102 kg dengan tangki sebesar 3,5 liter, dengan konsumsi 60 km per liter.

   
Penulis: