Honda Monkey Terbaru Versi 125 cc Bakal Dipajang di Tokyo Motor Show 2017

Tokyo akan menghadirkan berbagai terbaru dalam gelaran bergengsi, Tokyo Show (TMS) 2017 pada 25 Oktober 2017 mendatang. Salah satu yang tak akan ketinggalan untuk dipamerkan oleh Honda tentu saja adalah baru dari legendarisnya, yakni Honda Monkey.

Honda Monkey Terbaru Versi 125cc – www.motorcyclenews.com

Menariknya, motor bertubuh mungil tersebut kini tak lagi mengusung mesin kecil seperti pada generasi terdahulu yang hanya 50 cc. Honda dikabarkan akan membenamkan mesin dengan kubikasi 125 cc pada Honda Monkey generasi terbaru. “New Monkey 125 akan menggunakan mesin 1 silinder berkapasitas 125 cc. ini akan dihadirkan sebagai versi produksi tahun 2018,” demikian seperti dilansir Young Machine.

Selain mengalami perubahan pada sektor mesin, secara keseluruhan tampilan Honda New Monkey 125 kemungkinan akan sama seperti generasi sebelumnya, akan tetapi posturnya dirancang sedikit lebih besar dan tinggi. Honda juga sengaja mempertahankan kesan klasik pada motor mini ini dengan penyematan headlamp berbentuk bulat, serta tangki dan jok masih mengusung ciri khas Monkey.

Pada bagian roda, New Honda Monkey 125 akan dilengkapi ban dengan ukuran yang lebih besar, yaitu dari 8 inci menjadi 12 inci. Kemudian di sektor pengereman telah berubah dari pengereman tromol menjadi model disk brake. Yang membuatnya lebih unik, suspensi depan pada Honda Monkey generasi 2018 adalah penggunaan peredam kejut alias shock breaker premium model upside down.

Sayangnya hingga kini Honda masih belum mengumumkan detail yang jelas terkait maupun dari Honda Monkey 125. Beberapa waktu lalu sempat beredar Monkey 125 versi concept di Vietnam Motorcycle Show. Versi konsep dari Honda Monkey 125 diperkirakan masih memakai frame yang sama dengan MSX 125, jadi kemungkinan mesin yang diboyong mampu menyemburkan tenaga 10 hp.

Mesin single-cylinder air-cooled 125 cc Honda Monkey 125 dilengkapi knalpot samping. Kemudian ada catalytic converter untuk memenuhi emisi gas buang. Ukuran dari Honda Monkey teranyar ini disebut-sebut memiliki dimensi panjang 1.365 mm dengan jarak antar roda 895 mm, dan velg memakai ukuran 8 inci.

   
Penulis: