Honda PCX Listrik Resmi Meluncur & Usung Torsi Cukup Besar

Tokyo – Dunia otomotif kini mulai mengalami pergeseran, dari yang awalnya lebih banyak menggunakan bahan bakar fosil, perlahan mulai beralih ke energi sebagai penggeraknya. Jika sebelumnya teknologi lebih banyak diaplikasikan untuk mobil, maka kini pabrikan sepeda pun mulai banyak yang mengadaptasinya. dan Yamaha menjadi brand yang cukup aktif melakukan riset di bidang ini.

Honda PCX Listrik – rockomotif.com

Sebelumnya Honda telah memamerkan konsep motor matic yang digerakkan oleh energi listrik, yaitu PCX dalam ajang Tokyo Motor Show 2017. Selain di Jepang, motor yang diperuntukkan lalu lintas perkotaan ini juga sempat dipamerkan dalam ajang Motorcycle Show (IMOS) 2018. Bahkan kabarnya motor itu bakal diluncurkan tahun 2019 mendatang.

Kabar baiknya, Honda PCX listrik akhirnya resmi diluncurkan dan dipasarkan secara terbatas di Jepang. Sayangnya motor elektrik ini dihadirkan dalam bentuk sewa dan berjumlah 250 unit saja di Negeri Sakura. Honda PCX listrik pun hanya ditawarkan ke perusahaan tertentu.

Honda PCX Electric mengusung 96V EV system dari Honda yang dilengkapi 2 baterai lithium ion 48 volt yang dirangkai secara . Dinamo motor listrik yang dipakai oleh Honda PCX Electric menggunakan kode EF01M.

AC motor generator atau dinamo yang disematkan pada Honda PCX listrik ini diklaim memiliki tenaga maksimal hingga 5,64 dk pada 5.500 rpm, sementara itu untuk torsinya cukup besar, mencapai 18 Nm pada putaran 500 rpm. Torsi tersebut bahkan lebih besar dari Honda PCX 150 yang menggunakan berbahan bakar bensin, yakni sebesar 13 Nm saja. Dinamo tersebut dilengkapi motor temperature protection yang membuatnya tetap dingin, sehingga tidak lagi memerlukan pendinginan dengan oli atau radiator.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, motor penggerak berkekuatan 4,3 kW pada PCX Electric ini diklaim bisa melaju sejauh 41 km. Terdapat 2 baterai yang disediakan dan bisa dilepas agar memudahkan pengisian ulang. Proses recharge baterai membutuhkan waktu sekitar 6 jam lamanya. Honda PCX Electric juga tidak lagi memakai , hanya single speed.

   
Penulis: