Honda Spacy Berhenti Diproduksi, Bagaimana Nasib Servis & Suku Cadangnya?

 927 views

Jakarta matic yang memiliki bagasi luas, Spacy rupanya tidak berusia panjang di Indonesia. PT Astra (AHM) memutuskan untuk menghentikan Spacy di dalam negeri.

Honda Spacy – lexyleksono.com

“Betul, per April lalu,” ujar Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, Senin (14/5), seperti dilansir Kompas. Lebih lanjut Thomas menjelaskan bahwa keputusan ini berdasarkan penyesuaian perkembangan tren dan permintaan kebutuhan . Namun ia enggan membeberkan secara rinci alasan lain dari penghentian produksi Spacy ini.

Meski sudah ‘disuntik mati’, PT AHM memastikan bahwa segala kebutuhan perawatan maupun spare part dari Honda Spacy masih akan terus berusaha dipenuhi hingga beberapa tahun ke depan. “Honda Spacy tidak kami produksi, tapi kami menjamin semua perawatan dan suku cadang sampai tujuh tahun ke depan,” beber Thomas.

Terkait pengganti, Thomas mengatakan jika untuk sementara ini pihaknya masih belum mempersiapkan sepeda motor . “Konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan masing-masing, seperti Honda BeAT, Scoopy, Vario, Vario Techno, dan PCX,” ucap Thomas.

Isu terkait suntik mati Honda Spacy ini memang sudah terdengar sejak lama, terlebih karena angka penjualan Honda Spacy tidak terlalu baik. Sejak awal tahun lalu rumor suntik mati Honda Spacy memang telah berembus. PT AHM pun mengaku tengah mendiskusikannya untuk upaya efisiensi.

Dari tahun ke tahun hasil penjualan Honda Spacy tidak terlalu membanggakan. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada tahun 2016 Honda Spacy berhasil terjual 6.170 unit pada tahun 2017 terjual 5.042 unit. Jika dirata-rata penjualan Honda Spacy hanya 400-an unit setiap bulan selama tahun 2017. Namun pada Februari dan Maret 2018 sudah tak tercatat adanya penjualan Honda Spacy. Honda Spacy terakhir kali didistribusikan pada Januari 2018 sebanyak 33 unit saja.

   
Penulis: