Honda Valkyrie, Ride the Legend

 214 views

Di segmen besar untuk touring (biasa disebut moge), Anda pasti tidak bisa berpaling dari sosok Harley Davidson. asal Negeri Paman Sam tersebut memang sudah identik dengan kendaraan roda dua bermesin besar. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak orang menyebut moge dengan sebutan motor Harley.

Valkyrie – www.bestcarzin.com

Selain Harley, sebenarnya masih banyak pabrikan besar yang memproduksi motor di kelas moge, salah satunya Honda. Merek yang berasal dari Negeri Sakura ini punya banyak jagoan untuk bersaing di segmen motor besar dunia, salah satunya lewat varian Honda Valkyrie. Motor ini diketahui pertama kali diproduksi pabrikan berlogo sayap mengepak sejak tahun 1996 silam.

Jika di pasar Jepang motor ini disebut dengan Honda Valkyrie, maka di pasar Paman Sam, motor tersebut lebih populer dengan sebutan Gold Wing 1500 atau GL1500. Sementara, di pasar beberapa negara lainnya, Honda Valkyrie lebih populer dengan sebutan Honda F6C, kependekan dari flat six custom.

Honda Valkyrie sendiri hadir dalam berbagai . Di tahun 1997, motor ini hadir dalam varian standard, naked, dan touring. touring sudah didukung dengan berbagi , termasuk kaca depan dan kantong pelana yang memiliki kunci. Dua tahun kemudian, model Interstate ditambahkan ke line-up, yang yang mengusung fairing fork-mounted bersama dengan tangki bahan bakar dengan kapasitas yang lebih besar dan batang di bagian belakang sepeda motor.

Sayangnya, kedua model ini, yaitu Interstate dan Tourer, tidak cukup sukses dalam hal . Karena itu, perusahaan pun memutuskan untuk menghentikan produksi kedua varian ini setelah tahun 2001, dan hanya menyisakan model Standard. Di tahun 2003, model Standard ditawarkan hanya dalam pilihan warna hitam dan menjadi tahun terakhir dari generasi Valkyrie orisinal.

Lalu, di tahun yang sama, Honda meluncurkan limited edition yang disebut dengan Valkyrie Rune. Motor edisi terbatas ini menggendong mesin berkapasitas 1.832cc. Model ini juga merupakan suatu revisi besar dari model Valkyrie asli, baik dalam hal maupun tujuan. Valkyrie Rune sendiri diproduksi di Honda di Marysville, Ohio.

Saat ini, Honda AS masih menawarkan varian Gold Wing Valkyrie dengan mulai USD 17.999. Motor dengan slogan Ride the Legend ini menggendong mesin SOHC, liquid-cooled, 6 silinder, berkapasitas 1.832cc, dua katup per silinder. Di samping itu, motor ini juga dibekali dengan sistem bahan bakar fuel injection dan hadir dalam pilihan warna Candy Red. Berikut spesifikasi teknis Honda Valkyrie orisinal.

Tipe Mesin SOHC, 6 silinder, liquid-cooled
Kapasitas Mesin 1.520cc
Diameter x Langkah 71 x 64 mm
Rasio Kompresi 9,8:1
Daya Maksimum 74,6 kW
Torsi Maksimum 138,7 Nm
Kecepatan Maksimum 211 km/jam
Transmisi Manual, 5-speed
Suspensi Depan Inverted fork
Suspensi Belakang Dual shock
Rem Depan Dual disc 296 mm, 2-piston
Rem Belakang Single disc 316 mm, 2-piston
Ban Depan 150/80-17
Ban Belakang 180/70-16
Tinggi Jok 735 mm
Jarak Sumbu Roda 1.690 mm
Berat 300 kg
Kapasitas Bahan Bakar 20 l
   
Penulis: