Honda Vario 125 eSP, Skutik Tangguh Bergaya Futuristik

 1901 views

Pada awal 2015 lalu, PT Astra (AHM) meluncurkan dua produk matik yang merupakan regenerasi dari varian Vario. Salah satu produk baru yang dirilis tersebut adalah Vario 125 eSP.

Sebagai penerus kesuksesan Honda New Vario 125 PGM-FI, spesifikasi 125 eSP ini mengusung yang lebih segar dan berkelas. Meski masih menerapkan grafis simpel dan modern seperti model sebelumnya, namun Vario 125 eSP memiliki lekukan tajam yang membuatnya berpenampilan agresif dan mewah.

Untuk sektor headlamp, Vario 125 eSP mengusung dual keen eyes headlight yang mengaplikasikan bohlam lampu LED. Sementara, kedua lampu sein menyatu pada satu tempat dengan bentuk menyirip sehingga membuat tampilan skutik ini sangat berkelas. Di sisi lain, sepatbor menggantung pada bagian belakang skutik Honda terbaru ini membuatnya terlihat semakin futuristik dan sporty.

Dashboard di bagian kemudi juga tergolong cukup lengkap dan futuristik, dengan beberapa panel penunjuk seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin, dan indikator lampu serta sein yang mudah dibaca. Sementara, sistem pengunciannya pun cukup aman dengan mengaplikasikan sistem Ignition Key yang berbasis Magnetic Key.

Untuk bagian kaki-kakinya, Honda Vario 125 eSP tampak lebih tangguh dengan aplikasi velg 14 inci dan jenis tubeless yang berukuran cukup besar, 80/90 pada bagian depan dan 90/90 pada bagian belakang. Honda Vario 125 eSP juga menjadi skutik pertama yang diproduksi pabrikan yang menggunakan jenis tubeless. Adapun urusan bermanuver, diserahkan kepada sistem suspensi teleskopik pada bagian depan dan shockbreaker tunggal dengan lengan ayun.

Beralih ke sektor jantung pacu, skutik berukuran 1.921 x 683 x 1.096 mm ini dibekali mesin berkapasitas 124,8cc, SOHC, sistem transmisi otomatis, serta memiliki kompresi mesin 11:1. Skutik dengan kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 8,3 kW pada putaran mesin 8.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 10,8 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Fitur canggih yang lainnya yang diusung Honda Vario 125 eSP adalah fitur Answer Back System, yang memungkinkan pemilik kendaraan mengetahui letak posisi motor saat lupa menempatkan di suatu tempat. Di samping itu, teknologi eSP bisa meminimalkan terjadinya gesekan piston sehingga bahan bakar tidak akan terbuang percuma.

Honda Vario 125 eSP hadir dalam dua , Vario 125 eSP CBS dan Vario 125 eSP CBS-ISS. Untuk Vario 125 eSP CBS, dilepas dengan harga Rp17,5 jutaan. Sementara, Vario 125 eSP CBS-ISS dibanderol dengan harga Rp18,1 jutaan.

   
Penulis: