Husqvarna FC 250, Trail Entry-Level Ringan dengan Fitur Premium

 2547 views

Sebelum pabrikan asal Austria, KTM, menguasai segmen off-road dalam beberapa puluh tahun terakhir, nama Husqvarna ternyata pernah berkibar di kelas motor penggaruk tanah di dekade 1970-an. Sayangnya, akibat krisis finansial yang mendera, pamor pabrikan meredup, meski telah diambil oleh Cagiva asal Italia.

Husqvarna FC 250 – www.dirtrider.com

Namun, Husqvarna seakan bangkit dari “mati suri” ketika pabrikan asal Jerman, BMW, membeli ini. Dengan “membiarkan” Husqvarna untuk berdiri secara mandiri, ini perlahan bangkit dan kembali ke jalur persaingan motor dunia dengan merilis beberapa terbaru, salah satunya Husqvarna FC 250.

Motocross yang juga sempat mengaspal di ini mengusung fitur yang didesain ulang dengan menggunakan massa-sentralisasi dan pengurangan beban sebagai tujuan utamanya. Semua komponen utama telah di-reposisi, crankshaft telah ditinggikan 6 mm, sedangkan poros kopling dibuat 11,1 mm lebih jauh ke belakang dan 26,9 mm lebih tinggi.

Fitur premium lain yang tersemat di motor ini adalah New Electrics Start yang lebih efisien dan bebannya lebih ringan 150 gram serta dikombinasikan dengan baterai compact baru. Selain itu, Pro Taper Handlebar baru dihadirkan dengan memiliki dan gaya, serta penggunaan serat pada karbon strip untuk mengurangi beban motor.

Untuk kenyamanan berkendara, motor ini memiliki garpu depan WP 4C yang telah mengalami pembaruan guna mencocokkan karakteristik sasis baru dari generasi MY16. Dengan garpu revisi ini, pengaturan clicker dapat dengan mudah dilakukan dan disesuaikan melalui bagian atas tabung garpu.

Selain itu, sebuah desain clevis baru memberikan keseluruhan kontribusi untuk memperpendek panjang keseluruhan 12 mm, sedangkan stroke dikurangi 3 mm. Shock juga benar-benar didesain ulang dan disesuaikan dengan kompresi redaman serta rebound. Rear wheel travel kini 300 mm, berkat perilaku uprated suspensi belakang, sehingga lebih lembut digunakan.

Di bagian jantung pacu, Husqvarna FC 250 menggendong mesin 4-stroke, single cylinder, berkapasitas 249,9cc, dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Untuk meredam daya dan , motor ini juga dibekali dengan rem model cakram, baik di roda depan maupun di roda belakang.

Saat ini, Husqvarna FC 250 hanya hadir dalam satu pilihan warna, yaitu kombinasi putih, kuning, biru, yang sekilas mirip warna bendera Swedia. Di Indonesia, motor trail ini ditawarkan dengan sekitar Rp130 jutaan. Berikut teknis Husqvarna FC 250.

Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder
Mesin 249,9cc
Diameter x Langkah 78 mm x 52,3 mm
Starter Electric
Transmisi Manual, 5-speed
EMS Keihin EMS
Rangka Steel central-tube frame
Suspensi Depan WP upside down 48 mm 4CS
Suspensi Belakang WP shock absorber
Rem Depan Disc brake 260 mm
Rem Belakang Disc brake 220 mm
Jarak Sumbu Roda 1.485 mm
Jarak ke Tanah 370 mm
Tinggi Jok 960 mm
Kapasitas Bahan Bakar 7 L
Berat Kosong 101,1 kg
   
Penulis: