Husqvarna SM 630, Supermoto Andal Melibas Berbagai Medan

 1391 views

Husqvarna merupakan sepeda motor asal Swedia yang mendominasi motor off-road global di era tahun 1970-an. Sayangnya, pada pertengahan 1980-an, perusahaan ini mengalami krisis finansial dan akhirnya di tahun 1986 diambil alih oleh perusahaan asal Italia, Cagiva (dua tahun setelah mengakuisisi Ducati dari pemerintah Italia).

Husqvarna SM 630 – moto.zombdrive.com

Sayangnya, di bawah Cagiva, motor Husqvarna kurang mendapatkan perhatian serius sehingga tidak menunjukkan tanda-tanda bakal kembali ke jalur persaingan. Akhirnya, pada tahun 2007, Cagiva tidak kuasa menolak tawaran BMW dan menjual kendali Husqvarna. Hasilnya, perusahaan asal Jerman tersebut mengendalikan merek Swedia dengan rumah produksi di Italia.

Sejak dikendalikan oleh BMW, perubahan tampak pada motor Husqvarna, dengan pengembangan dilakukan secara bertahap. BMW memang tidak menerapkan Harley Davidson ketika mengambil alih MV Agusta (dengan memodali secara penuh), namun pabrikan tersebut lebih mengubah dan standar, dan cenderung “membiarkan” Husqvarna berdiri sendiri.

Hasil dari sistem ini adalah Husqvarna kembali menelurkan motor-motor berkualitas di akhir dekade 2000-an khususnya di segmen off-road. Ada beberapa yang dirilis Husqvarna untuk bersaing di segmen motocross global, dan salah satu yang menjadi andalan adalah Husqvarna SM 630, selain TE 630.

Namun, berbeda dengan model TE 630 yang murni bermain di kelas off-road, maka model SM 630 lebih ditujukan untuk berkibar di segmen supermoto. Hal ini tampak pada penggunaan ban dengan permukaan yang lebih licin, seperti kebanyakan ban pada motor-motor jalanan. Meski demikian, SM 630 membawa khas motor trail tulen, dengan bentuk bodi yang ramping hingga ketinggian jok yang mencapai 910 mm.

Secara keseluruhan, Husqvarna SM 630 adalah senjata yang pas untuk menaklukkan medan yang terjal maupun licin, meski genre sepeda ini dinilai bukan spesies yang sangat praktis. Anda harus membungkuk ke depan sepanjang waktu dan bentuk siku keluar untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Namun, motor ini bekerja dengan baik di berbagai kondisi jalan.

Di bagian jantung pacu, Husqvarna SM 630 menggendong 4-stroke, liquid-cooled, single cylinder, 4 valves per cylinder, berkapasitas 600cc. Di samping itu, motor ini juga dibekali dengan sistem bahan bakar fuel injection, serta suspensi depan model upside down dan suspensi belakang bertipe single shock.

Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 lalu, Husqvarna SM 630 ditawarkan dengan mulai 6.416 pound sterling di pasar Inggris Raya. Berikut teknis Husqvarna SM 630.

Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, single cylinder, 4 valves per cylinder
Kapasitas Mesin 600cc
Diameter x Langkah 100 mm x 76,4 mm
Rasio Kompresi 12,4:1
Sistem Bahan Bakar Electronic injection
Sistem Starter Electric
Transmisi Manual, 6-speed
Rangka Main frame steel single tube cradle, sub-frame aluminium
Suspensi Depan Marzocchi upside down 45 mm, rebound stroke adjustable
Suspensi Belakang SACHS progressive soft dump single shock absorber
Rem Depan Single disc 300 mm
Rem Belakang Single disc 220 mm
Ban Depan 120/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Tinggi Jok 910 mm
Berat Kosong 158 kg
Kapasitas Bahan Bakar 12,5 L
   
Penulis: