Inflator Airbag Bermasalah, Ribuan motor Honda Gold Wing di-Recall

 1144 views

Sepeda-.info –  Tak hanya kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun tak luput dari kemelut Recall besar-besaran Airbag Takata. Kali ini, kendaraan yang menjadi korban recall Airbag Takata adalah Gold Wing.

honda gold wing – en.wikipedia.org

 

Dikutip dari Motorcycle.com (31/5), Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Serikat (NHTSA) telah mendata bahwa ada sekitar 2.701 motor Honda Gold Wing produksi 2006-2010 diantara jutaan kendaraan yang ditarik kembali. Alasannya, airbag Takata yang terpasang pada kendaraan tersebut menyimpan potensi bahaya bagi pengendara.

Hasil penyelidikan NHTSA menunjukkan inflator airbag dapat meledak ketika kendaraan mengalami kecelakaan. Ledakan airbag yang disertai lontaran pecahan benda logam sangat berbahaya karena dapat mengenai tubuh pengendara.

Ledakan ini disebabkan oleh bahan kimia pada airbag yang terlalu sensitif merespon kondisi lingkungan, seperti cuaca dan kelembaban udara. Isu ini sebenarnya telah muncul sejak 2008, namun kasusnya baru mencuat ke permukaan setelah NHTSA melakukan penyelidikan lanjutan pada tahun 2014.

Akibat kasus ini, perusahaan Takata harus membukukan kerugian sedikitnya USD120 juta hingga Maret 2016. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai miliaran Dolar AS hingga seluruh proses recall selesai.

   
Penulis: