Ini Kelemahan Utama Kawasaki Ninja RR

 13352 views

RR merupakan salah satu motor andalan yang dikenal memiliki tangguh dan performa handal. Karena itu, tak heran jika motor yang digilai kalangan muda ini banyak bertebaran di jalan-jalan raya di .

Pada tahun 2014 lalu, pabrikan asal tersebut memberikan perombakan pada motor sport ini dengan tajuk Special Edition. Edisi ini menghadirkan stripping baru dibanding edisi sebelumnya, yaitu warna oranye bergrafis serta aksen putih yang menghiasi bodi motor. Selain itu, velg pada kedua rodanya juga mengalami perombakan dengan dibalut warna oranye yang membuatnya makin maskulin.

Untuk bagian depannya, Ninja RR Special Edition memiliki single headlamp atau lampu depan tunggal yang siap menerangi pengendara saat cuaca berkabut maupun hujan. Pabrikan juga menyematkan cover single seater atau biasa disebut tutup jok bagian belakang, yang juga banyak digunakan pada motor balap di ajang MotoGP.

Untuk sektor dapur pacunya, baik Ninja RR Standard maupun Special Edition, mengusung mesin 2-stroke, silinder tunggal, cranked case, reed valve, KIPS, HSAS, liquid-cooled, berkapasitas 149cc. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu meletupkan daya 28,5 ps pada putaran 11.000 rpm, serta torsi puncak menembus 20 Nm pada putaran 9.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan.

Ninja RR Standard hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hijau, oranye, dan abu-abu, serta dibanderol Rp39.900.000. Sementara, Ninja RR Special Edition tampil dalam kombinasi warna hitam/putih/oranye dan dilepas dengan Rp40.900.000.

Sayangnya, meski banyak digandrungi kaum muda, namun Kawasaki Ninja RR ternyata juga menyimpan kelemahan, baik Standard maupun Special Edition. Berikut beberapa kelemahan Kawasaki Ninja RR.

  • Layaknya motor 2-stroke yang lain, kelemahan utama Kawasaki Ninja RR adalah boros bahan bakar. Sistem pembakaran yang hanya 2 langkah membuat mesin membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih banyak.
  • Mengusung mesin 2-stroke juga membuat Ninja RR sangat tidak ramah lingkungan.
  • Kocek yang dikeluarkan untuk merawat motor ini juga lebih banyak, karena Ninja RR membutuhkan bantuan oli samping untuk sistem pembakaran. Oli samping tersebut berfungsi sebagai pelumas tambahan sekaligus campuran bahan bakar.
  • Ninja RR harus sering digeber agar mesin tidak menjadi dingin. Jika tidak, maka motor akan lebih sulit menyala.
  • Sistem KIPS yang diusung mesin Ninja RR harus rutin dibersihkan. Jika tidak, bisa membuat motor macet.
  • Lampu depan Ninja RR lebih redup jika dibanding motor sport sejenis, seperti Yamaha V-ixion atau Honda Tiger.
   
Penulis: