Jagoan Supermotard Husqvarna, FS 450 dan 701 Supermoto

 476 views

Bagi para penggemar olahraga ekstrem di , pasti sudah tidak asing lagi dengan sepeda Husqvarna. Husqvarna merupakan asal Swedia yang memang populer dengan produk-produk yang diperuntukkan melibas medan off-road, baik di segmen motocross maupun enduro. Pabrikan ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang tertua di dunia karena sudah berdiri sejak tahun 1903 silam.

Di samping motocross dan enduro, Husqvarna juga beberapa kali menelurkan di kategori supermotard atau supermoto. Meski sama-sama bermain di segmen adventure, ada perbedaan mendasar antara supermotard dengan motor off-road lain seperti dual sport, motocross, atau enduro. Supermotard adalah model dual sport dengan pergantian untuk keperluan jalan raya. Motor ini bisa digunakan di tiga jenis track, seperti jalur datar, motocross, dan juga balap jalanan.

Di segmen supermotard, Husqvarna saat ini setidaknya memiliki dua jagoan, yaitu model FS 450 dan juga model 701 Supermoto. Berikut spesifikasi masing-masing varian supermotard Husqvarna tersebut.

Husqvarna FS 450

Motor ini mengusung bodi yang cukup seksi untuk supermoto, dengan bobot yang terbilang ringan, yaitu 110,5 kg dan tangki bahan bakar 7,5 liter. Rangka FS 450 dibuat dari baja ringan dengan sub-frame polymade untuk bagian belakang dan swing arm berbahan aluminium, serta pelek yang memiliki material ringan namun kokoh.

Di bagian jantung pacu, Husqvarna membekali motor ini dengan mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 449,9cc, dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesin yang terdapat pada FS 450 tersebut 23 mm lebih pendek dari pendahulunya, 23 mm lebih sempit, dan 9 mm lebih rendah. Sementara, di sektor pengereman, terpasang rem Brembo 4-piston dengan piringan tunggal 310 mm di roda depan dan piringan 220 mm dari Brembo di bagian belakang.

Husqvarna FS 450 – indianautosblog.com

 

Husqvarna 701 Supermoto

Motor ini pertama kali diluncurkan Husqvarna pada tahun 2014 lalu setelah sebelumnya dipamerkan di ajang EICMA 2013. Lantaran didesain khusus untuk bertarung di dua alam (off-road dan on road), tidak heran jika motor ini memiliki gaya yang berbeda dari versi dirt track atau Moto-X. Di Indonesia, motor ini telah beredar di showroom Husqvarna Motor Indonesia yang berada di Bali.

Husqvarna membekali model 701 Supermoto ini dengan mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 690cc, yang sanggup meletupkan tenaga maksimal 49 kW melalui sistem transmisi manual 6 percepatan. Untuk meredam , kedua roda motor telah didukung pengereman model cakram dari Brembo yang disokong dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System).

Husqvarna 701 Supermoto – www.motorcycle.com

 

   
Penulis: