Jonway MSG-D, Skuter Elektrik Sporty dari Negeri Tirai Bambu

Jika menyebut merek asal Tiongkok, Anda mungkin familiar dengan merek Jialing, Viva , Kaisar , atau Kymco (asal Taiwan) yang memang pernah meramaikan pasara kendaraan roda dua di Indonesia pada awal hingga pertengahan tahun 2000-an. Lalu, bagaimana dengan merek Jonway? Mungkin banyak dari Anda yang belum mengenal brand ini.

Jonway MSG-D – obiavi.automedia.investor.bg

 

 

Jonway merupakan perusahaan asal Negeri Tiongkok yang memiliki kantor pusat di Kota Taizhou, Provinsi Zhejiang. Layaknya pabrikan asal China lainnya, Jonway memang lebih terkenal sebagai produsen yang kerap menelurkan -produk “duplikat”, terutama tiruan sepeda motor asal Jepang. Salah satu motor “tiruan” yang sempat dirilis pabrikan ini adalah Falcon 300 yang dianggap sebagai jiplakan Ninja 250FI buatan Kawasaki.

Jika melihat situs resmi perusahaan ini, Jonway ternyata telah memproduksi banyak kendaraan bermotor, mulai sepeda motor , skuter matik, kendaraan ATV, hingga electric car. Bahkan, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu juga telah melemparkan beberapa produk sepeda motor elektrik atau , yang terbagi untuk pasar domestik dan pasar ekspor.

Dari sekian sepeda motor listrik buatan Jonway, salah satu yang cukup laris di pasaran adalah Jonway MSG-D. Jika dilihat tampilan luar, Jonway MSG-D mengusung desain layaknya skuter matik yang banyak beredar. Namun, skuter elektrik ini tampil sangat macho dengan lekukan tegas di sekujur bodi. Di bagian depan, headlamp tampil dengan ukuran lebar yang berada di bawah setang, sekilas mirip kepunyaan Vario.

Di samping itu, skuter elektrik ini juga telah dibekali dengan beberapa fitur pendukung seperti lampu dengan LED, alarm, sistem anti-lock, bagasi dengan volume cukup luas, keranjang, sistem starter elektrik, dan juga immobilizer. Kabarnya, meski berasal dari Tiongkok, ternyata Jonway merakit skuter MSG-D di Bulgaria.

Untuk sektor jantung pacu, pabrikan asal Tiongkok membekali skuter elektrik ini dengan baterai Li-ion 48 Volt atau 40 Ah, yang mampu menghasilkan tenaga 1.500 Watt atau 3.000 Watt (tergantung skuter). Dengan daya baterai tersebut, Jonway MSG-D mampu menempuh jarak maksimal mencapai 75 km dan kecepatan puncak 60 km per jam. Sementara, untuk mengisi ulang baterai hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

Melihat daftar TPT Online Kementerian Perindustrian, Jonway MSG-D ini juga sempat akan didatangkan ke Indonesia oleh PT Duwin Motor Indonesia yang berlokasi di Batam. Sayangnya, pada tahun 2016 lalu, Kementerian Perindustrian membatalkan permohonan dokumen skuter ini bersama 176 motor lainnya karena perusahaan tidak memenuhi kewajiban untuk melengkapi data dalam waktu 10 hari kerja. Berikut spesifikasi teknis Jonway MSG-D.

Daya Maksimum 1.500 Watt/3.000 Watt
Baterai 48 Volt/40 Ah Li-ion
Charger Input 110 Volt – 230 Volt
Kapasitas Maksimal 150 kg
Charging Time 4 – 5 jam
Kecepatan Maksimum 60 km/jam
Jarak Tempuh Maksimum 75 km
Dimensi 1.870 x 670 x 1.055 mm
Berat Kosong 100 kg
5.790 AZN – 5.890 AZN
   
Penulis: