Jupiter Z1 Racing, jagoan motor bebek balap dari Yamaha

 9679 views

Motor hingga kini masih menempati jumlah populasi terbanyak dari Janis sepeda motor di tanah air. Meski awalnya tak diciptakan untuk melakukan adu kecepatan, nyatanya motor juga banyak digunakan dalam ajang balap. Ajang balap motor atau yang lebih populer disebut Motor Road Race ini memang memunculkan sensasi yang laur biasa seru dibanding jika kita menonton balap motor yang terkesan lebih mainstream. Adegan yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika para pembalap tumbang satu per satu di sirkuit balap hingga memancing riuh emosi para penontonnya.

Baca juga:   Spesifikasi Yamaha Vixion 150

Perhelatan ajang balap motor bebek ini biasanya dilakukan di sirkuit balap motor dan terbagi atas beberapa tingkatan level. Untuk level balap motor bebek, tingkatannya sudah merambah mulai dari tingkat daerah, kabupaten/kota, propinsi, dan bahkan tingkat nasional. Jika sudah sampai pada tahapan nasional, si pembalap baru bisa dikatakan sebagai pembalap sesungguhnya.

Racing Tema tampaknya menaruh perhatian khusus pada ajang balap motor bebek ini. Mengandalkan motor bebek berteknologi injeksi, Racing Team mengambil peluang yang justru ditinggalkan oleh rivalnya yaitu Honda. Bukan tanpa pertimbangan, menilai bahwa di masa mendatang standard emisi Euro 3 akan diberlakukan di semua kendaraan bermotor di Indonesia. Kehadiran motor balap sebagai ikon motor dirasa akan mendongkrak seri-seri motor Yamaha ke depannya.

Baca juga:   Yamaha YZF-R125, Motor Sporty yang Tak Kunjung Dirilis di Indonesia

Jika dibandingkan dengan motor yang menggunakan karburator, motor yang menggunakan berteknologi injeksi memang jauh lebih baik dan ramah lingkungan. Motor injeksi menjadi salah satu patokan bagaimana motor bisa lulus dari uji emisi dengan standard.

Pada musim balap tahun 2014 lalu misalnya, pihak Yamaha Racing Team mengandalkan salah satu produk terbarunya yakni Jupiter Z1 Racing. Motor bebek hasil pengembangan fuel injeksi dari Yamaha Indonesia bekerja sama dengan Yamaha yang berkecimpung di dunia balap motor underbone. Di tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2013, Jupiter Z1 Racing berhasil meraih prestasi double winner di ajang balap indoprox 2013 di bawah kendali pembalap hebat Yamaha, Sigit PD (Yamaha yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya).

Baca juga:   Yamaha DT, Motor Trail Populer Era Tempo Dulu
   
Penulis: 

    Komentar ditutup.