Kawasaki Binter Merzy, Kuda Besi Canggih Era 1980-an

 5973 views

Sebelum menelurkan banyak berkualitas di era sekarang, salah satunya , ternyata pernah merilis beberapa motor garang di pada tahun 1980-an. Salah satu motor gahar yang pernah diluncurkan pabrikan asal tersebut adalah Kawasaki Binter Merzy atau Kawasaki KZ200 (versi ).

binter merzy – enoanderson.com

 

Motor lawas ini hadir pertama kali pada tahun 1980. Saat itu, Kawasaki tidak menggunakan namanya sendiri untuk memasarkan produknya di Tanah Air. Perusahaan otomotif tersebut bekerja sama dengan PT Bintang Terang (disingkat Binter) milik Edi Tansil. Sayangnya, PT Binter mengalami kebangkrutan pada tahun 1985. Lalu, Kawasaki hadir lagi pada 1996 dengan nama PT Kawasaki Motor Indonesia.

Kembali lagi ke Binter Merzy, motor ini bisa dibilang kuda besi canggih di eranya. Pasalnya, motor ini sudah mengusung mesin berkapasitas 200cc bertipe 4-stroke (4-tak) dengan pengapian platina. Padahal, para pesaingnya saat itu masih menggunakan mesin bertipe 2-stroke (2-tak).

Pada produksi pertama, Kawasaki Binter Merzy mengadopsi style membulat, yang terinspirasi dari flagship Kawasaki H2 Mach IV dan Kawasaki KZ900. Lalu, pada tahun 1984, Binter Merzy mengalami perubahan dengan tampilan lebih sporty dan cenderung mengotak, yang tampak pada bagian headlamp, tangki, hingga stoplamp, yang mengadopsi Kawasaki KZ1300.

Selain itu, pada generasi pertama yang diproduksi hingga tahun 1982, Binter Merzy masih menggunakan sistem pengapian platina. Lalu, mulai tahun 1983 hingga 1985, motor ini sudah mengusung sistem pengapian , starter tangan, rem cakram di roda depan, serta sistem kelistrikan DC 12 Volt yang membuat pencahayaan lampu depan lebih stabil dengan tombol lampu dim yang lebih efektif.

Untuk sektor jantung pacunya, Kawasaki membekali Binter Merzy dengan mesin bertipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, 2 valve, air-cooled, berkapasitas 198cc. Dengan asupan bahan bakar yang dikawal karburator Keihin PW26, motor ini mampu menyemburkan daya hingga 18 hp pada putaran 8.000 rpm serta torsi puncak 16,5 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Motor berdimensi 1.920 x 780 x 1.050 mm ini juga dibekali suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dual-shockbreker, tubular swingarm. Selain itu, rem depan sudah mengusung cakram hidrolik kaliper 1 piston, sedangkan rem belakang masih menggunakan tromol. Dengan berat kosong 126 kg, di motor ini tersemat tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter.

   
Penulis: