Kawasaki Blitz R, Motor Bebek Murah yang Jeblok di Pasaran

 8491 views

Sebelum fokus pada segmen motor beberapa tahun belakangan, ternyata pernah merilis beberapa sepeda motor bebek untuk pasar otomotif nasional. Dan, salah satu moped buatan pabrikan asal tersebut yang sempat melanglang buana di jalanan adalah Kawasaki Blitz R.

kawasaki blitz r – otomotiva.blogspot.com

 

Secara garis besar, Kawasaki Blitz R dibedakan menjadi dua, yaitu Blitz dan Blitz VR. Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan rem tromol dan velg jari-jari pada model Blitz dan pemakaian velg model racing pada varian Blitz VR.

Secara tampilan, Blitz R bisa dikatakan sebagai simple cub. Tidak ada yang menonjol pada desain motor ini. Blitz R tampil layaknya motor bebek paket hemat (pahe) lainnya, seperti Fit X keluaran Honda, Smash milik Suzuki, maupun Vega R ala Yamaha. Namun, motor ini memiliki kekurangan, yaitu belum dibekali dengan fitur bagasi seperti para kompetitor.

Sementara untuk sektor , Blitz R konon menggunakan basis yang pernah digunakan oleh Kaze R, yang notabene generasi pendahulu motor ini. Karena itu, performa dan handling yang stabil dari Kaze R juga menurun kepada Blitz R.

Motor ini dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, 2 katup, pendingin udara, dengan 102cc. Dengan modal tersebut, Blitz R diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 6,6 kW atau 9,0 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menembus 8,6 Nm pada putaran 6.500 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual empat percepatan.

Sayangnya, meski memiliki performa yang mumpuni, handling handal, dan dibanderol dengan di bawah Rp10 jutaan waktu itu, namun penjualan Blitz R bisa dibilang tak terlalu baik. Jaringan after sales Kawasaki yang belum mumpuni, merek Kawasaki yang belum begitu lekat di publik, serta promosi yang kurang gencar menjadi beberapa faktor yang membuat penjualan Blitz R jeblok.

Berikut spesifikasi teknis Kawasaki Blitz R.

Panjang x Lebar x Tinggi  1.865 mm x 695 mm x 1.040mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Jarak Poros Roda 1215 mm
Jarak ke Tanah 150 mm
Berat Kosong 95 kg
Tipe Rangka Pipe Backbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm
Ukuran Depan 2,50” – 17”
Ukuran Ban Belakang 2,75”- 17”
Rem Depan Cakram Twin Pot
Rem Belakang Drum
Velg Spoke (Standard), Casting Wheel (VR)
Tipe Mesin 4 stroke, SOHC, silinder tunggal, 2 katup, pendingin udara
Kapasitas Silinder 112cc
Diameter x Langkah 53,0 x 50,6mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Daya Maksimum 6,6 kW (9,0 PS) @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 8,6 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Transmisi Manual, 4-speed
Sistem Starter Electric dan Kick
Sistem Pengapian CDI
Keihin PB 18
   
Penulis: