Kawasaki Edge, Motor Bebek Underbone Entry-Level yang Dilupakan

 4507 views

Sebelum getol menelurkan motor bike, ternyata juga pernah merilis motor bebek sporty untuk pasar Indonesia, yaitu Kawasaki Edge. Motor bebek entry-level yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 itu mengusung sharp looking dengan menawarkan performa handal, akselerasi maksimal, hingga irit bahan bakar.

kawasaki edge – iwanbanaran.com

 

Secara tampilan, Kawasaki Edge mengusung desain sporty dan futuristik yang terinspirasi dari sosok 250R. Pada sektor depan, desain headlamp hadir dengan dua bohlam kecil untuk city lamp pada posisi kanan dan kiri, serta lampu utama dengan bohlam besar sebagai penerangan di malam hari. Selain itu, desain lampu sein yang menyatu dengan bodi depan mencerminkan gaya bebek yang dinamis masa kini.

Beralih ke sektor samping, pada bagian standard tegak, terdapat tempat kunci pengaman yang berfungsi sebagai kunci cadangan guna menghindari pencurian di tempat parkir. Sementara, sporty muffler memiliki tampilan layaknya Ninja 250R dan suara yang diadopsi dari Kawasaki Kaze.

Beralih ke sisi buritan, tersemat lampu belakang dengan desain serba runcing yang membuat Edge menjadi trendsetter bebek milenium. Adapun panel dashboard, berdesain kompak dengan gabungan antara belah ketupat dan segitiga yang telah dilengkapi dengan penunjuk kecepatan, odometer, indikator posisi gear, serta indikator bahan bakar.

Di samping itu, motor ini juga menawarkan ruang bagasi yang lebih luas namun tetap memperhatikan faktor kerampingan motor. Adapun teknologi KSAI yang tersemat merupakan teknologi untuk emis EURO II yang berfungsi mengurangi emisi gas buang beracun dengan menginjeksi udara baru ke saluran buang.

Beralih ke bagian dapur pacu, Kawasaki membekali Edge dengan tipe 4-stroke, SOHC, 2 katup, silinder tunggal, berkapasitas 112cc. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 8,30 HP pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menembus 8,13 Nm pada putaran 6.500 rpm, yang disalurkan melalui sistem transmisi empat percepatan.

Saat dirilis pertama kali, Kawasaki Edge dibanderol dengan Rp12,9 jutaan untuk varian velg jari-jari (SW) dan Rp13,8 jutaan untuk varian velg racing (CW). Namun sayangnya, motor ini tidak cukup sukses di pasaran dan akhirnya dilupakan.

Berikut spesifikasi teknis Kawasaki Edge.

Tipe Mesin 4-langkah, SOHC, 2 katup, silinder tunggal
Isi Silinder 112cc
Diameter x Langkah  53 x 50, 6 mm
Daya Maksimum 8,30 HP @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 8,13 Nm@ 6.500 rpm
Karburator Keihin PB18 (Mark P064)
Sistem Starter Kick & Electric Starter
Tipe Transmisi 4-Speed Rotary
Sistem Pengapian DC-CDI
Sistem Pelumasan Forced Lubrication
Sistem Penyaringan Oli Screen dan Oil Filter
Minyak Pelumas 1,1 liter
Tipe Oli Mesin API SE, SF atau SG/SAE
Busi NGK C6HSA
Tipe Rangka Underbone, Tubular
Panjang x Lebar  x Tinggi 1.899 x 700 x 1.045 mm
Jarak Poros Roda 1.230 mm
Jarak ke Tanah 140 mm
Rem Depan Hidrolik, single disc, kaliper 2 piston
Rem Belakang Tromol
Kapasitas Tangki 4,4 liter
Ketersediaan Warna Hitam Metalik, Lime Green, Biru Metalik, Merah Metalik
   
Penulis: