Kawasaki Hadirkan Motor Offroad 450cc Terbaru, Ini Harganya

India – Pabrikan asal Jepang, Kawasaki belum lama ini meluncurkan 2 sepeda terbaru dari segmen offroad, yakni KX450F dan KLX450R untuk India. Kedua motor trail dengan label tahun 2018 yang didatangkan secara CBU tersebut mengusung berkubikasi 450 cc. KX450F dijual dengan sekitar Rp 164 juta, sedangkan KLX450R harganya dibanderol Rp 175 juta.

Kawasaki KX450F – www.cyclenews.com

“Budaya dan gairah motor off road perlu dikembangkan di India. Sekarang ini ada ceruk pasar dan kami dengan senang hati berkontribusi di segmen ini dengan memperkenalkan KX450F, yang dianugerahi sebagai motocrosser terbaik di dunia pada tahun 2016 oleh Cycle World,” ujar Managing Director India Kawasaki Motors, Yutaka Yamashita, seperti dilansir Riauaktual.

Kawasaki menyebutkan jika KX450F adalah sepeda motor penggaruk tanah yang mengusung mesin paling ringan di kelasnya. Pasalnya, motor ini mengalami penurunan bobot mesin dan chassis yang cukup signifikan. KX450F memakai mesin 4 silinder dengan kapasitas 449 cc berpendingin cairan dan telah menggunakan injeksi bahan bakar. Mesin yang diusung KX450F juga dikombinasikan dengan transmisi 5 percepatan.

Sementara itu, di bagian kaki-kaki, Kawasaki membenamkan suspensi upside down ukuran 49 mm dari Showa. Kemudian di bagian belakang menggunakan monoshock Uni-Trak yang dapat diatur oleh penggunanya. Di sektor pengereman, Kawasaki KX450F memakai rem cakram 270 mm di bagian depan dan cakram kelopak 240 mm di bagian belakang. Untuk tangki bahan bakar, Kawasaki mengklaim motor ini mampu menampung bahan bakar hingga kapasitas 6,3 liter dan memiliki mode kontrol yang menawarkan kenyamanan untuk sang pengendara.

Meski sama-sama berkapasitas 450 cc dan secara hampir sama, KX450F dan KLX450R ternyata memiliki perbedaan yang cukup mendasar. KX450F telah memakai sistem pengabutan bahan bakar injeksi, sedangkan Kawasaki KLX450R masih memakai sistem pengabutan bahan bakar karburator. Namun tenang saja, sebab keduanya sama-sama memakai konfigurasi 5 percepatan.

Sayangnya di Indonesia tampaknya motor terbaru KX450F dan KLX450R kemungkinan tak akan dipasarkan. Sebab PT Kawasaki Motor Indonesia ingin lebih fokus untuk menjual motor offroad KX dan KLX Series yang mengusung mesin dengan kubikasi lebih kecil, yaitu 250 cc dan 150 cc.

   
Penulis: