Kawasaki Lagi Siapkan Motor Trail Anyar KLX 230 yang Berteknologi Injeksi

 252 views

Jakarta – Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan isu bahwa PT Indonesia bakal segera menghadirkan motor terbaru, KLX 230. Terlebih karena sejumlah bocoran foto penampakannya juga sudah banyak beredar di dunia maya.

Kawasaki KLX 230 – www.gridoto.com

Nama lengkap dari motor ini terlihat di bodinya. Kemudian mesinnya disebut-sebut lebih maju dibanding sang pendahulunya, yakni Kawasaki KLX 150. Berdasarkan informasi dari sejumlah media, yang diusung oleh KLX 230 akan lebih bertenaga. Bagaimana tidak, kapasitas yang digunakan nantinya akan lebih besar dari KLX 150, yakni 230 cc.

Di samping itu, Kawasaki KLX 230 juga bakal meninggalkan teknologi yang sudah dipertahankan 10 tahun lamanya oleh KLX 150. Teknologi apa yang dimaksud? Rupanya di Kawasaki KLX 230 nantinya akan dibekali dengan sistem pembakaran elektronik, bukan lagi sistem karburator seperti sang kakak.

Pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sendiri mengungkapkan jika mesin pada motor trail Kawasaki KLX 230 merupakan hasil pengembangan dari mesin 150 cc. “Tapi, spek-nya bukan bore up dari KLX150 lho. Banyak yang beda dari mesin 150 cc,” kata sumber yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir Motorplus.

Pemakaian injeksi elektronik untuk motor trail sendiri sebenarnya bukanlah hal asing. Sejak beberapa waktu lalu sudah ada motor trail seperti CRF150L yang memakai mesin mirip Megapro 150 dan Verza. Kini Kawasaki pun rupanya tak ingin ketinggalan dengan para kompetitornya.

Pemakaian mesin dengan teknologi injeksi elektronik sebenarnya menawarkan sejumlah kelebihan dibanding karburator. Misalnya saja pembakaran yang diklaim lebih stabil karena menyesuaikan dengan suhu dan kebutuhan pasokan bensin ke mesin. Selama ini memang banyak beredar isu yang menyebutkan bahwa mesin injeksi lebih rentan rusak ketika digunakan untuk melibas jalanan off-road.

Tetapi rupanya hal itu baru bisa terjadi apabila sang pengguna mengendarai motornya di luar batasan. Misalnya saja digunakan untuk melintasi sungai yang dalam, sehingga membuat mesin karburator juga macet. Selain itu juga terjadi karena penambahan lampu sorot yang kurang rapi dan membuat jalur kelistrikan menjadi kacau. Sayangnya hingga kini masih belum ada info lebih detail mengenai banderol Kawasaki KLX 230. Kita tunggu saja ya!

   
Penulis: