Kawasaki Rilis Naked Bike Z650, Ucapkan ‘Good Bye’ pada ER-6n!

Sepeda-motor.info – resmi membuka selubung untuk dua motor baru mereka, salah satunya Z650, di ajang EICMA 2016 yang berlangsung di Milan, Italia, pada 8-13 November kemarin. Dengan dibukanya selubung motor tersebut, penggemar mungkin harus mengucapkan salam perpisahan kepada seri ER-6n.

From : http://www.motorcyclenews.com/

Perilisan Z650 ini memang disebut-sebut sebagai langkah Kawasaki untuk menyuntik mati model ER-6n. Pabrikan asal itu agaknya tidak ingin para konsumen bingung soal penamaan naked bike mereka, sehingga menyeragamkan tipe dengan seri Z. Dengan penyeragaman tersebut, model Z650 ini tidak lagi menggunakan frame tipe semi double cradle dan menggantinya dengan rangka teralis ringan yang hanya berbobot sekitar 15 kg.

Baca juga:   Kawasaki Athlete Pro, Motor Bebek Garang dan Sporty

Penggantian juga tampak pada suspensi belakang “rebah” yang kini mengusung lengan ayun tipe aluminium sehingga membuat bobot kendaraan bisa dipangkas hanya menjadi 185 kg. Komponen kopling juga baru, tipe assist & slipper yang mengurangi tekanan pada tuas kopling, tapi memberikan bobot penekanan pada komponen kopling itu sendiri.

Sementara, tinggi jok dengan tanah cuma 790 mm, sama seperti model 650. Namun, Z650 dilengkapi dengan stang tipe flat yang membuat posisi berkendara lebih tegak untuk tujuan pengendaraan dalam kota.

Baca juga:   Kawasaki KX 85, Motor Mini-Crosser dengan Filosofi Podium Teratas

Di bagian dapur pacu, meski masih mengusung berkapasitas 649cc bertipe parallel twin-cylinder, namun terdapat revisi, sama seperti kepunyaan Ninja 650 teranyar. Fokus Kawasaki adalah memberikan torsi besar pada putaran rendah hingga menengah ketimbang tenaga maksimal. Pembaruan dan berbagai komponen itu juga diklaim membuat konsumsi bahan bakar naik 6,8 persen di angka 23,3 kpl.

Baca juga:   KMI Rilis Motor New Kawasaki Ninja 650 di IMOS 2016, Harga Rp 164,9 Juta

Setelah muncul di EICMA, kabarnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga sudah berancang-ancang membawa motor ini ke Indonesia, seperti yang mereka bocorkan pada ajang IMOS 2016 beberapa waktu lalu. Kawasaki Z650 bakal ditandingkan dengan CB650F dan juga Yamaha MT-07 di kelas yang sama.

   
Penulis: 

Komentar ditutup.