Kawasaki Z125 Pro Ditarik, di Indonesia Aman?

 1464 views

Washington – Baru saja diluncurkan awal tahun 2016, Motor Corp Serikat (AS) mengumumkan untuk menarik massal (recall) unit motor Kawasaki Z125 Pro yang sudah dipasarkan di .

kawasaki z125 pro – otobandung.com

 

Penarikan massal gahar tersebut terpaksa dilakukan karena badan keselamatan lalu lintas National Highway Safety Administration (NHTSA) memperoleh laporan terkait kasus kebocoran oli di suspensi motor Kawasaki Z125 Pro.

Masih belum diketahui permasalahan terjadi pada suspensi bagian depan, belakang, ataukah kedua-duanya. NHTSA cuma melaporkan jika kebocoran oli yang terjadi mengakibatkan suspensi tak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu kebocoran oli juga bisa mengganggu handling saat dipakai off road dan mengancam keselamatan sang pengemudi.

Diwartakan dari situs Autoevolution, Kamis (28/7) motor Kawasaki Z125 Pro yang ditarik keseluruhan berjumlah 1.282 unit. Semuanya adalah unit sepeda motor hasil produksi Thailand pada jangka waktu 4 Februari hingga 7 Juni 2016.

Sehubungan dengan penarikan massal tersebut, Kawasaki sudah memberikan pengumuman agar pemilik Kawasaki Z125 Pro segera pergi ke dealer resmi terdekat untuk melakukan perbaikan dan juga mengganti yang diperlukan secara .

Lalu, bagaimana nasib sepeda motor Kawasaki Z125 Pro yang ada di Indonesia?

Asisten Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael Tjandra Tanadhi menegaskan jika recall unit Kawasaki Z125 Pro tak terjadi di Tanah Air. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan komponen yang dipakai si Bayi Ninja di AS dengan yang ada di Indonesia.

“Kita enggak ngaruh, even sama Thailand beda (spesifikasinya). Z125 Pro di Thailand ada selangnya di tangki untuk pencegahan saat kecelakaan,” ujar Michael Tanadhi, Kamis (28/7).

Line Head Research Development & Design Marketing Division KMI, Sucipto Wijono juga sependapat dengan perkataan Michael Tanadhi.

“Z125 kita beda spek dengan yang ada di US, Eropa, dan Thailand sendiri. Untuk Z125 Pro yang ada di Indonesia sendiri aman,” tutur Sucipto.

Sebagai informasi tambahan, sepeda motor Kawasaki Z125 Pro memakai SOHC 125 cc bertenaga 9,5 hp dengan torsi puncak 9,2 Nm. Motor bertubuh mungil ini digadang-gadang menjadi rival Groom.

   
Penulis: