Kelebihan Karburator Mikuni untuk Modifikasi Motor

 2616 views

merupakan salah satu penting yang terdapat pada . Meski saat ini sudah banyak yang mengusung pembakaran injeksi, namun ada sebagian yang masih menggunakan karburator untuk mencampur udara dan bahan bakar dalam . Pasalnya, karburator lebih ringan dan lebih murah.

karburator mikuni – fjb.kaskus.co.id

 

Pada dasarnya, karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Karena itu, set up karburator secara umum bertujuan untuk mencari campuran molekul udara dengan bahan bakar yang ideal.

Faktor yang dapat memengaruhi proses penyetelan karburator adalah kelembapan. Semakin tinggi tingkat kelembapan, maka komposisi bahan bakar juga harus semakin tinggi. Sementara, isi silinder akan berbanding lurus dengan mesin. Selain itu, suhu lingkungan dan pemakaian saluran buang juga memegang peranan penting dalam penyetelan karburator.

Di Indonesia sendiri, penyetelan karburator kebanyakan ditujukan untuk kepentingan motor balap. Dan, salah satu merek karburator yang cukup populer di kalangan pencinta otomotif di Tanah Air adalah Mikuni TM atau biasa disebut juga dengan karburator kotak.

Pengabut bahan bakar dan udara ini memang konsisten dengan skep berbentuk kotak. Misalnya, tipe TM 24 yang sangat cocok untuk motor bebek balap berkapasitas 110cc. karburator ini dinilai sangat enak dan mudah di-setting. Mikuni TM 24 juga sangat cocok untuk menambah akselerasi serta top speed sepeda motor.

Karburator Mikuni sendiri memiliki stok nosel dan jarum skep yang bermacam-macam, mulai nosel berkode P-0, P-2, P-4, P-5, P-6, hingga P-8. Total seluruhnya ada 26 nosel atau needle jets yang bisa ditukar-pasang di venturi Mikuni TM 24. Karburator ini memiliki kelebihan mengalirkan bahan bakar lebih banyak sehingga tarikan motor akan terasa lebih ringan.

Namun, pengguna perlu memperhatikan ukuran nosel, karena harus dicocokkan dengan ukuran jarum skep. Semakin tinggi angka nosel, semprotan bensin juga akan semakin kaya. Sebaliknya, jika memasang jarum yang lurus, pembakaran bertambah basah. Ini mengakibatkan lari motor seolah tertahan. Artinya, tuner harus mencari kombinasi nosel atau jarum yang paling tepat.

Selain itu, kelebihan lain karburator Mikuni adalah setting dan part pendukung yang mudah ditemui. Karena itu, tak mengherankan jika part pengabut ini menjadi pilihan banyak mekanik untuk mengaplikasikannya ke pacuan.

   
Penulis: