Kelemahan Jupiter MX, Mulai Tarikan Gas Berat hingga Minimnya Fitur Akomodasi

 1536 views

Jupiter MX merupakan yang diluncurkan di sektor kelas 4-tak manual. Motor dengan kubikasi 135cc tersebut awalnya mengusung sistem transmisi 4 percepatan, lalu direvisi menjadi 5 percepatan pada tahun 2014 silam.

Untuk spesifikasinya, Jupiter MX menggendong mesin berkapasitas 134,44cc, 4 Valve, SOHC, liquid-cooled. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu menyemburkan daya hingga 9,21 kW pada putaran mesin 8.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 12,14 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara, tangki bahan bakarnya mencapai 4 liter.

Dengan tenaga tersebut, akselerasi motor ini memang tergolong mantap. Untuk gear 1, bisa mencapai 40 km/jam. Sementara gear 2, menempuh 60 km/jam, gear 3 menempuh 80 km/jam, dan gear 4 mencapai 100 km/jam. Adapun gear 5, bisa menyentuh 120 km/jam.

Selain itu, Jupiter MX juga tergolong motor yang irit bahan bakar. 1 liter bahan bakar pertamax bisa menempuh jarak 47,7 km. Padahal, motor ini belum menerapkan teknologi injeksi Yamaha.

Di samping performa yang optimal, tampilan Jupiter MX juga tergolong ciamik dengan bodi yang melekuk untuk aerodinamis, serta corak striping yang menegaskan tampilan motor. Sementara, bodi belakang berbentuk meruncing yang dibarengi tempat lampu utama dan dua lampu sein.

Namun di sisi lain, Jupiter MX juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan motor ini antara lain:

  • yang berhubungan dengan akomodasi sangat minim. Motor ini tidak dilengkapi penyimpanan bagasi yang memadai, serta tidak memiliki gantungan untuk barang bawaan.
  • Tidak dilengkapi fitur tachometer yang bisa memperlihatkan perpindahan gigi (gear), dan hanya mengandalkan perkiraan saja.
  • Sistem transmisi 5 percepatan dinilai terlalu panjang, dan untuk mencapai maksimal 120 km/jam, pengendara membutuhkan trek lurus yang panjang.
  • Penggunaan velg belakang berukuran 2,5 inci dan berprofil tipis 100/70-17 membuat Jupiter MX kurang nyaman saat melewati tikungan, terlebih saat berboncengan.
  • Tarikan gas pada motor ini tergolong berat, terutama pada putaran menengah.
  • Tenaga bawah yang tergolong liar, sehingga sangat tidak nyaman jika motor ini digunakan untuk kecepatan lambat.
   
Penulis: