Kelemahan Skuter Retro Yamaha Fino 125 Blue Core FI

 5715 views

Mengawali 2016, tepatnya Januari lalu, PT Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada salah satu line up skuter matik mereka, Fino. Pabrikan berlogo garpu tala tersebut menghadirkan versi facelift Yamaha Mio Fino dengan menanggalkan label Mio dan menjadi Fino 125 Blue Core.

yamaha fino 125 blue core – motokars.com

 

Secara tampilan, skuter matik ini masih mengusung garis khas Fino, dengan stylish dan beautiful. Dengan tagline baru “Istimewakan Dirimu”, skutik retro ini masih fokus menyasar kaum feminin dari beragam background yang mewakili semua karakter style wanita, mulai dari professional, hijab, edgy (tomboy), girlie, casual. Namun, secara universal, motor ini masih universal sehingga juga cocok digunakan kaum pria.

Salah satu highlight skutik ini adalah headlamp yang belum mengusung LED, namun memiliki desain diamond cut lens yang mewah layaknya kilauan berlian. YIMM pun tak lupa menyematkan berbagai pendukung yang lebih baik, termasuk desain bagasi di bagian deck depan, Advance Key System dengan kunci kontak dengan pengaman magnet, serta Answer Back yang mirip dengan kepunyaan Honda Vario.

Perubahan besar juga terjadi pada sektor jantung pacu. Fino 125 Blue Core kali ini dibekali berkapasitas 125cc, 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, Blue Core, serta berteknologi YMJET-FI. Dengan bekal tersebut, skutik ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 7 kW pada putaran 8.000 rpm, serta torsi puncak menembus 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Saat ini, Fino 125 Blue Core hadir dalam dua varian, yaitu Fino 125 Blue Core Premium dan Fino 125 Blue Core Sporty. Fino 125 Blue Core Premium  tampil dengan pilihan warna Black Espresso, Red Berry Late, dan White Cappuccino, sedangkan model Sporty tampil dengan warna Actif Rouge, Sportif Noir, dan Esprit Blue. Kedua varian ini sama-sama dibanderol Rp16,25 jutaan.

Namun, meski telah diberi penyegaran pada beberapa sektor, namun skuter matik ini masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan Yamaha Fino 125 Blue Core FI yang banyak dikeluhkan konsumen.

  • Lampu utama yang masih belum menggunakan LED.
  • yang lebih mahal dibandingkan kompetitor.
  • Ukuran ban yang masih satu langkah lebih rendah dibandingkan kompetitor sehingga skuter ini terkesan kecil dan kurang enak dilihat.
   
Penulis: