Kenalkan SYM VF3i, Motor Bebek dengan Kapasitas Mesin Terbesar

 923 views

Sepeda-.info – bebek, atau moped, selama ini dikenal sebagai motor yang memiliki kapasitas rata-rata, dengan tertinggi ‘hanya’ mengusung kapasitas 150cc. Namun, baru-baru ini, SYM meluncurkan bebek yang diklaim membawa kapasitas tertinggi di kelasnya, yaitu 183cc.

SYM VF3i – paultan.org

Mengusung nama SYM VF3i, sepeda motor tersebut sekarang resmi dipasarkan di Negeri Jiran Malaysia melalui MForce Bike Holdings Sdn. Bhd, selaku distributor resmi. Di negeri tetangga tersebut, sepeda motor ini dilepas dengan mulai 8.467 ringgit untuk standar dan 8.785 ringgit untuk Special Edition, sudah termasuk GST, tetapi belum termasuk pajak jalan, pendaftaran, dan asuransi. Malaysia sendiri merupakan pasar pertama SYM VF3i.

Dikutip dari Paultan, SYM VF3i memang mengusung mesin yang berada di atas varian tertinggi sepeda motor bebek saat ini. Perusahaan membekali kendaraan ini dengan mesin 4-stroke, empat silinder segaris, SOHC, berkapasitas 183cc. Dengan modal tersebut, SYM VF3i diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 17,8 HP pada putaran 8.500 rpm dan mencapai torsi puncak 15,3 Nm pada putaran 7.500 rpm, dan telah memenuhi standar emisi Euro-3.

Untuk tampilan luar, SYM VF3i membawa lampu depan dengan LED, speedometer yang telah mengadopsi layar LCD digital, dengan mesin ditampilkan pada pengukur analog, serta tangki bahan bakar berkapasitas 7 liter. Suspensi depan menggunakan model teleskopik konvensional, sedangkan suspensi belakang mengusung model mono-shock non-adjustable.

Sementara, di bagian kaki-kaki, sudah terpasang roda berdiameter 17 inci, yang dibalut ban tubeless ukuran 90/80 di depan dan ban berukuran 120/70 di sisi belakang. Pengereman dilakukan dengan rem cakram berdiameter 250 mm di depan yang dijepit oleh kaliper hidraulik piston ganda, yang terbesar dalam kategori moped, sedangkan roda bagian belakang dihentikan dengan rem cakram diameter 200 mm.

   
Penulis: