Kenalkan Zeus, Motor Listrik Asal AS Penakluk Kawasaki Ninja H2

 331 views

Sepeda-.info – H2 buatan Kawasaki mendapat lawan sepadan yang berasal dari Negeri Paman Sam. Adalah Zeus, sebuah sepeda buatan Curtiss Motorcycle yang diklaim mampu mencapai torsi puncak 393 Nm, atau dua kali lipat lebih besar dibandingkan torsi H2 yang ‘hanya’ menyentuh angka 140,4 Nm.

Curtiss Zeus – RiderTua.Com

Seperti dikutip dari Electrek.co, ini pertama kali diperkenalkan di ajang Quail Motorcycle Gathering 2018 yang berlangsung di Carmel, California. Mengusung yang sangat futuristik dan memiliki performa yang mengerikan, bahkan melampaui superbike, Zeus pun diganjar dengan penghargaan ‘Most Innovative Motorcycle’.

Desain yang futuristik menggunakan sasis dengan material billet aluminium dengan proses pengelasan yang sempurna, serta didukung dengan iPad yang dipasang di bagian atas bodi. Sementara, suspensi Zeus bersumber dari Race Tech, mengaplikasikan center-line cantilever mono-shock di bagian belakang dan diimbangi dengan four-link girder mono-shock di sisi depan. Di samping itu, sepeda motor ini juga dilengkapi suku cadang high-end lainnya, termasuk pelek serat karbon.

Menurut perusahaan, sepeda motor listrik ciptaan mereka tersebut mengaplikasikan konfigurasi e-Twin, dengan mengusung motor ganda Zero pada common shaft, serta dilengkapi dengan baterai berkapasitas 14,4 kilo-Watt hours. Curtiss mengklaim, tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 170 HP dan mencapai torsi maksimal 393 Nm.

Menurut rencana, motor konsep ini akan beredar secara massal dan mulai masuk ke lini produksi pada tahun 2019 mendatang. Curtiss pun menyatakan bahwa Zeus akan resmi dirilis pada tahun 2020 mendatang. “Strategi jangka panjang kami termasuk memiliki yang diposisikan memiliki beragam , yang berarti akan tersedia dengan yang terjangkau,” terang Director of Design Curtiss Motorcycles, Jordan Cornille.

   
Penulis: