Keren, BMW Motorrad Kembangkan Motor Otonom RS1200 yang Bisa Melaju Tanpa Pengemudi

Jakarta – Pabrikan asal Jerman, Motorrad rupanya tidak ingin ketinggalan untuk urusan . Brand ternama ini saja merilis video yang memamerkan seperti apa penampakan sepeda otonom alias swakemudi melalui channel YouTube-nya pada (11/9) lalu. Pihak BMW Motorrad mengungkapkan jika timnya sudah bekerja selama lebih dari 2 tahun untuk menyiapkan proyek otonom atau self driving tersebut.

BMW RS1200 – www.suara.com

Dalam video dengan durasi 1 menit 38 detik itu menampakkan seperti apa motor otonom BMW yang dinamakan RS1200 dapat meluncur di lintasan uji tanpa dikendarai oleh pengemudi. Sayangnya motor otonom itu dikembangkan bukan untuk , namun untuk mempelajari seperti apa motor itu bisa menerapkan keselamatan baru.

“Prototipe ini membantu kami memperluas pengetahuan kami tentang dinamika kendaraan sehingga kami dapat mengklarifikasi perilaku pengemudi dan menentukan apakah situasi masa depan akan menjadi berbahaya atau tidak,” kata Stefan Hans, insinyur keselamatan BMW Motorrad, seperti dilansir Engadget.

Ide yang digagas oleh BMW Motorrad ini memang terbilang unik, pasalnya selama ini lebih banyak produsen yang mengembangkan teknologi self driving pada mobil, sedangkan teknologi serupa belum banyak dikembangkan pada kendaraan seperti .

yang diusung BMW Motorrad pun patut diapresiasi. Motor swakemudi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan keamanan baru yang tujuannya mendukung pengemudi yang kurang berhati-hati. Sepeda motor BMW RS1200 tersebut akan mengumpulkan data dan pengetahuan tambahan untuk mendeteksi situasi berbahaya sejak dini dan mendukung pengemudi dengan keselamatan yang tepat ketika hendak berbelok di persimpangan atau ketika pengereman tiba-tiba.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh BMW RS1200 memang terbilang menarik. Motor tanpa pengendara ini ditampakkan bisa bergerak, berakselerasi, berhenti, dan juga bersandar sendiri. Namun sayang, motor itu belum direncanakan untuk bisa melintasi jalanan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, BMW juga pernah melakukan terobosan baru dengan memproduksi sistem pengisian induktif mutakhir yang diterapkan pada mobil listrik besutannya sejak Juli 2018. Sistem tersebut kabarnya dapat dipakai pada banyak kendaraan listrik plug-in hybrid buatan BMW. Fitur anyar itu digadang-gadang bakal diterapkan pada BMW 530e iPerformance.

   
Penulis: