Kerjasama dengan Bajaj, KTM Buka Pabrik CKD di Gresik Tahun 2017

Jakarta – PT Penta Jaya Laju , agen pemegang (APM) sepeda KTM akan melakukan completely knock down alias CKD mulai tahun 2017 mendatang.

KTM buka pabrik CKD di gresik tahun 2017 – oto.detik.com

 

“CKD paling cepat tahun depan, pabriknya akan berada di Gresik Jawa Timur,” kata Kristianto Gunadi selaku Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor.

Kristianto menegaskan, meskipun nantinya dirakit di , unit motor-motor keluaran KTM tidak akan berubah. “Tapi itu tidak akan merubah dari sisi . Jadi akan tetap sama,” ujar Kristianto.

Kristianto menjelaskan, harga-harga unit motor sengaja tidak dikurangi karena pihaknya menganggap harga jual motor KTM sudah tepat untuk pasar Indonesia.

“Karena itu harga yang dianggap bisa diterima pasar,” imbuhnya di Jakarta.

Dengan bantuan pabrikan asal India, Auto Limited (BAL), nantinya akan ada penyempurnaan terhadap beberapa motor KTM walaupun secara teknis tidak mengubah . Motor yang akan mengalami penyempurnaan antara lain varian Duke 200 dan 250, RC200 dan 250 tahun 2016, serta RC390.

KTM Indonesia bakal menambahkan baru untuk melindungi shockbreaker depan dan belakang dari terpaan kerikil maupun lumpur, serta radiator cover untuk Duke 200 dan 250.

“Kalau dulu langsung kena cipratan lumpur atau krikil, akibatnya shock akan baret dan bocor karena tergores terus-menerus kotoran, sekarang ada pelindung, baik di pernya sendiri yang belakang, juga ditambahi semacam plat biar kerikil atau kotoran tidak langsung kena shockbreaker. Begitu juga radiator, kalau dulu kan tanpa pelindung, sekarang ada covernya. Bahannya, semuanya dari plastik tapi kuat,” jelas salah satu sales KTM di dealer KTM Sunter, Jakarta Utara.

Pelindung tambahan itu dijual terpisah dan bisa dipasang pada KTM Duke atau RC lama. Tetapi sayang pihak KTM Indonesia masih belum bersedia membeberkan berapa harga jual komponen tambahan tersebut.

“Kami belum bisa (berani) pastikan harganya berapa, karena KTM sendiri belum secara merilis harganya, tapi yang pasti bisa diaplikasikan ke model yang lama jika konsumen mau,” imbuhnya.

Sejak ajang bergengsi GIIAS 2016 lalu, KTM telah membanderol harga yang cukup terjangkau untuk -produknya. KTM RC250 dijual Rp 48 juta, KTM Duke 250 Rp 44 juta, KTM RC200 Rp 37 juta, dan KTM Duke 200 Rp 33 juta.

   
Penulis: