Keunggulan dan Harga Helm SHOEI X-11 Tohru Ukawa

 3581 views

Ketika mengendarai sepeda , kita memang diwajibkan untuk menggunakan helm (atau helmet). Tujuannya, sebagai bentuk perlindungan tubuh, khususnya di bagian kepala, ketika terjatuh dari atau sedang melaju dengan tinggi.

helm SHOEI x-11 tohru ukawa – www.kaskus.co.id

 

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor. Bahkan, ada beberapa negara yang mewajibkan helm untuk sepeda tak bermotor. Sementara di , hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak menggunakan helm ketika bersepeda motor karena mereka harus mengenakan turban.

Di sendiri, penggunaan helm untuk sepeda motor sudah harus sesuai SNI. Beberapa spesifikasi atau ketentuan helm yang memenuhi SNI, di antaranya material helm terbuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, serta tidak berubah jika ditempatkan pada suhu nol derajat Celcius hingga 55 derajat Celcius paling tidak selama empat jam.

Selain itu, helm standar SNI juga harus tahan dari pengaruh , sabun, air, detergen, maupun radiasi ultraviolet. Sementara, bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air, dan juga tidak terpengaruh oleh perubahan suhu.

Adapun untuk konstruksi helm, standar SNI menetapkan bahwa helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan, dan tali pengikat ke dagu. Tinggi helm minimal 114 mm diukur dari puncak helm ke bidang utama, dengan keliling masing-masing 500 mm untuk ukuran S, 540 mm hingga 580 mm untuk ukuran M, 580 mm hingga 620 mm untuk ukuran L, dan lebih dari 620 mm untuk ukuran XL.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak beredar merek helm yang telah memenuhi standar SNI, bahkan dunia. Dan, salah satu merek helm yang memenuhi standar tersebut adalah SHOEI. SHOEI merupakan merek helm asal Jepang dan telah dipasarkan di Indonesia melalui agen resmi mereka, PT Mobile Multi Media yang berpusat di Jakarta.

SHOEI sendiri sudah merilis banyak helm, salah satu yang spesial adalah SHOEI X-11 Tohru Okawa. Helm ini merupakan helm edisi spesial yang namanya diambil dari pembalap asal Jepang, Tohru Ukawa. Tohru Ukawa adalah pembalap motor Jepang yang pernah menjadi rider di Tim Repsol HRC pada tahun 2001, mendampingi juara dunia 1999 asal Spanyol, Alex Criville.

Secara tampilan, desain helm ini sangat menarik dan cocok digunakan, baik ketika di lintasan sirkuit maupun jalan raya. Sementara untuk kenyamanan, SHOEI X-11 Tohru Ukawa menawarkan kenyamanan tingkat tinggi, terutama ketika rider melajukan motor dengan kecepatan tinggi. Sementara untuk ukuran, karena diproduksi di Jepang, dimensi helm ini juga sangat cocok untuk kepala orang-orang Asia lainnya.

Dengan berbagai keunggulan serta nama besar SHOEI, helm model SHOEI X-11 Tohru Ukawa memang dibanderol dengan harga yang tidak main-main. Versi second (bekas) helm ini saja ditawarkan dengan harga sekitar Rp2.400.000 hingga Rp3.950.000, tergantung kondisi barang.

   
Penulis: