Keunggulan Karburator Keihin, Karburator Sejuta Umat

 1296 views

merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada . Meski saat ini sudah banyak yang mengusung pembakaran sistem injeksi, namun ada sebagian sepeda yang masih menggunakan karburator untuk mencampur udara dan bahan bakar dalam . Pasalnya, karburator lebih ringan dan lebih murah.

karburator keihin pe – katalog.or.id

 

Pada dasarnya, karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Karena itu, set up karburator secara umum bertujuan untuk mencari campuran molekul udara dengan bahan bakar yang ideal.

Faktor yang dapat memengaruhi proses penyetelan karburator adalah kelembapan. Semakin tinggi tingkat kelembapan, maka komposisi bahan bakar juga harus semakin tinggi. Sementara, isi silinder akan berbanding lurus dengan mesin. Selain itu, suhu lingkungan dan pemakaian tipe saluran buang juga memegang peranan penting dalam penyetelan karburator.

Dari sekian karburator yang beredar, salah satu yang populer di kalangan penggemar roda dua adalah Keihin. Bahkan, saking begitu banyak digunakan pada , Keihin dapat disebut sebagai karburator sejuta umat.

Karburator Keihin sendiri hadir dalam berbagai tipe. Tipe yang paling banyak digunakan adalah PE Series. ini termasuk yang paling ekonomis dan paling mudah di-setting. Ukuran karburator ini mulai PE24 hingga PE38. Karena kemampuannya untuk dreamer menjadi 31 mm dan sangat berguna untuk top speed, karburator seri ini cocok untuk penyuka kecepatan, transportasi harian, atau drag motor bebek dengan kapasitas mesin 105cc hingga 125cc.

Ciri-ciri dan keunggulan karburator Keihin PE Series, di antaranya:

  • Skep dengan ukuran 20 mm hingga 38 mm.
  • Setelan stationer warna hitam.
  • Setelan stationer warna kuning ( NSR SP).
  • Performa tarikan bawah dan atas bagus.
  • Untuk venturi 28 mm mampu dreamer hingga 31 mm.
  • Setting PJ MJ mudah.
  • Irit bahan bakar.

Selain PE Series, model karburator Keihin yang juga terkenal adalah PWK Series. Penyuplai bahan bakar ini berbentuk skep semi-flat dengan lapisan krom. PWK Series sering diandalkan untuk respon sempurna dan flow lebih besar pada rpm tinggi. Part pengabut ini juga mudah disetel, baik itu yang berventuri 24 mm maupun 28 mm.

Keihin PWK dilengkapi dengan quad vens yang bertujuan untuk mengurangi tenaga drop. Selain itu, karburator ini juga disokong dengan air strikes yang berfungsi mengarahkan udara langsung menuju nosel utama. Ini untuk membangkitkan sinyal dan respon gas pada sepeda motor. Dengan komposisi tersebut, Keihin PWK sangat cocok diaplikasikan untuk motocross atau road race.

   
Penulis: