Keunikan dan Harga Helm Bogo

 3683 views

Ketika mengendarai , kita memang diwajibkan untuk menggunakan helm (atau helmet). Tujuannya, sebagai bentuk perlindungan tubuh, khususnya di bagian kepala, ketika terjatuh dari atau sedang melaju dengan tinggi.

AVA retro bogo leather – katalog.or.id

 

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor. Bahkan, ada beberapa negara yang mewajibkan helm untuk sepeda tak bermotor. Sementara di Inggris, hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak menggunakan helm ketika bersepeda motor karena mereka harus mengenakan turban.

Di Indonesia sendiri, penggunaan helm untuk sepeda motor sudah harus sesuai standar SNI. Beberapa atau ketentuan helm yang memenuhi standar SNI, di antaranya material helm terbuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, serta tidak berubah jika ditempatkan pada suhu nol derajat Celcius hingga 55 derajat Celcius paling tidak selama empat jam.

Selain itu, helm standar SNI juga harus tahan dari pengaruh bensin, sabun, air, detergen, maupun radiasi ultraviolet. Sementara, bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air, dan juga tidak terpengaruh oleh perubahan suhu.

Saat ini, selain helm full face dan half face, juga sedang ngetren helm bogo. Helm ini menjadi favorit banyak pengendara sepeda motor, terutama anak muda, karena mengusung desain retro yang dipadukan dengan yang catchy sehingga masih terkesan modern. Di samping itu, helm ini juga dinilai sangat aman ketika digunakan karena memiliki busa yang nyaman dan terbuat dari bahan kulit yang awet.

Untuk masalah standar SNI, helm bogo yang kini banyak dijual di pasaran rata-rata sudah memiliki sertifikat SNI ISO 9001 : 2008. Helm bogo tersebut sudah menutupi seluruh bagian kepala, terutama kepala bagian belakang. Namun, ada juga beberapa helm bogo yang hanya menutupi setengah kepala bagian belakang sehingga tidak termasuk standar SNI.

Untuk masalah harganya, helm bogo termasuk lebih dibandingkan helm model half face maupun full face. Helm bogo dengan motif polos (atau satu warna) ditawarkan di kisaran harga Rp195.000 per buah. Sementara, helm bogo dengan motif gambar dilepas dengan harga mulai Rp200.000 per buah. Berikut beberapa harga helm bogo di pasaran.

Helm Bogo Harga (Rp)
JPN Number 1 180.000
JPN Pucha Cat 200.000
JPN Bee Black Yellow 200.000
JPN Kimoni 200.000
JPN Number 5 Yellow 200.000
JPN Skutik Black 200.000
JPN Momo 210.000
AMZ Kulit 210.000
WTO Helmet Retro Bogo Polos 219.900
WTO Helmet Retro Bogo Motif 224.000
AVA Retro Bogo Leather 234.000
   
Penulis: