Komponen Belt & ECU Bermasalah, YIMM Recall Yamaha TMAX

Jakarta – Belum genap setahun usianya sejak meluncur pada Maret 2018 lalu, rupanya PT Manufacturing (YIMM) melakukan penarikan kembali alias recall pada matic premium-nya, yakni Yamaha TMAX. Recall ini terpaksa dilakukan lantaran ada masalah terhadap 2 komponen dari keluarga MAXI Yamaha tersebut.

Yamaha TMAX – prospectpowersports.com

Berdasarkan informasi dari laman resmi PT YIMM, Selasa (19/2), pihak Yamaha menemukan 2 komponen yang bermasalah, yakni belt dan engine control unit (ECU). Belt ini berkaitan dengan transmisi energi, sedangkan ECU berhubungan dengan kontrol. Masalah pada kedua komponen tersebut ditemukan oleh tim Yamaha saat melakukan proses evaluasi berkala.

Sebagai informasi, ECU merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan karena saat ini sudah banyak kendaraan yang menerapkannya, termasuk Yamaha TMAX. ECU dinilai penting lantaran fungsinya untuk mengontrol kinerja . Apabila ECU mengalami kerusakan, maka sangat mempengaruhi pengapian dan mengakibatkan performa mesin kurang maksimal.

Kemudian komponen belt berfungsi untuk meneruskan putaran pulley bagian depan (engine) menuju pulley belakang (roda). Belt dipakai pada transmisi matik karena berperan sebagai pengganti rantai. Apabila belt mengalami masalah, tentunya akan berpengaruh terhadap tarikan mesin. Permasalahan pada kedua komponen ini bila dikombinasikan bakal menghasilkan performa mesin yang buruk dan yang paling terasa adalah borosnya penggunaan bahan bakar.

“Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas produknya, Yamaha akan melaksanakan penggantian komponen Belt dan re-programming ECU secara cuma-cuma untuk unit T-Max,” demikian bunyi pernyataan Yamaha.

Adapun Yamaha TMAX yang ditarik secara massal adalah motor bernomor rangka JYASJ1450J0013801-JYASJ1450J0016880. Bagi pemilik TMAX dengan nomor rangka tersebut dapat memperoleh info lebih lanjut dengan menghubungi Yamaha Call Centre di nomor 021-4618000 atau klik www.yamaha-motor.co.id maupun menghubungi dealer CBU-Shop terdekat.

Dalam program kampanye recall yang dilaksanakan sejak Senin, 18 Februari 2019 ini, pihak CBU Shop, Sentral Yamaha, dan Flagship Shop Yamaha akan mengganti secara gratis belt serta memprogram ulang ECU pada Yamaha TMAX.

   
Penulis: