Lagi, Motor Roda Tiga Rp32,5 Jutaan Jadi Viral

 1103 views

Sepeda-.info – Dalam beberapa hari terakhir, jagat maya dihebohkan dengan penampakan sepeda motor roda tiga yang dikendarai seorang ibu-ibu. Menurut kabar yang beredar, motor roda tiga tersebut berasal dari dan telah dijual di pasaran dengan mulai Rp32,5 jutaan.

Motor Roda Tiga Merek Tiger – medan.tribunnews.com

Sosok motor roda tiga tersebut pertama kali muncul di jalanan Kota Solo, Jawa Tengah. Foto kendaraan yang bernama Tiger ini di-upload di salah satu akun Twitter bernama Ridu dengan caption “Emak-emak matic to the next level.” Motor roda tiga yang disebutkan menggunakan tenaga ini tampak berbaur dengan kendaraan lain.

Menurut salah seorang tenaga penjual motor roda tiga merek Tiger ini, unit motor dikirim dari China dan pertengahan Maret 2017 ini tiba di Indonesia. “Ini benar-benar , jadi tidak bisa menggunakan bahan bakar lainnya selain listrik,” ujar Rita, nama salah seorang tenaga penjual motor roda tiga tersebut yang beroperasi di Surabaya.

“Secara , motor ini dibekali dengan aki kering berkapasitas 48 Volt, 20 Ampere, sedangkan penggeraknya menggunakan dinamo berkapasitas 1.000 Watt,” sambung Rita. “Jika terisi penuh, maka motor dapat berjalan sejauh 50 km dan memiliki daya angkut maksimal 125 kg.”

Sementara, untuk masalah kecepatan, Rita menambahkan bahwa motor dengan mirip Bajaj (satu roda di depan dan dua roda di belakang) ini hanya bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 40 km per jam. “Jika berminat, kami akan memberikan garansi servis aki dan dinamo selama 1 tahun, tetapi tidak termasuk suku cadang,” imbuh Rita.

Sementara itu, penjual lain yang bernama Ezra, mengaku bahwa pihaknya telah memasarkan kendaraan ini sejak tahun 2002 lalu. Kebanyakan konsumen yang membeli motor ini berasal dari luar Pulau Jawa dan dilepas dengan harga mulai Rp39 jutaan, sudah termasuk ongkos kirim. “Namun, motor listrik ini dipasarkan tanpa surat-surat dari kepolisian, termasuk STNK hingga plat nomor,” ungkap Ezra.

   
Penulis: