Lampu Belakang Bermasalah, Motor Kawasaki Versys-X250 Kena Recall

 112 views

Jakarta – Meski dirilis awal tahun lalu, Versys-X250 ternyata mengalami recall di negara asalnya, Jepang. Sekitar 811 unit Versys-X250 disebut-sebut mengalami permasalahan pada bagian lampu belakang. Oleh sebab itu mengimbau supaya datang ke bengkel untuk mendapatkan penggantian secara .

Kawasaki Versys-X250 – 7leopold7.com

“Terkait perannya untuk menghubungkan lampu belakang dan lampu rem, ada beberapa bagian logam pada soket lampu yang tidak terpasang sempurna. Seiring dengan dipakai berkendara, logam dimaksud bisa saja lepas. Bila dibiarkan kemungkinan terburuknya lampu belakang dan rem tidak menyala,” demikian bunyi rilis resmi Kawasaki Jepang seperti dilansir Oto.

Kawasaki Versys-X250 yang mengalami recall di Jepang terdiri dari 2 , yakni sebanyak 453 unit yang diproduksi sejak 2 Maret-15 Juni 2017, dan varian Tourer sebanyak 358 unit yang diproduksi sejak 8 Maret-13 Juni 2017. Dengan demikian, Kawasaki Jepang secara keseluruhan telah mengumumkan recall untuk 4 produknya sepanjang Juli 2017, antara lain Ninja 250R (karburator) bermasalah pada fuel pump, KLX 250, dan D-Tracker.

Lantas bagaimana nasib Kawasaki Versys-X250 di Indonesia? Menurut Deputy Head Sales and Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael Chandra Tanadhi, sampai saat ini pihaknya masih belum memperoleh kabar resmi dari Kawasaki Heavy Industries (KHI) sehubungan dengan recall unit Kawasaki Versys-X250 di Tanah Air.

“Kami belum mendapatkan informasi resmi dari KHI mengenai hal tersebut. Kami masih menunggu. Kalau memang ada recall, kami akan segera hubungi diler-diler untuk diteruskan kepada konsumen. Informasi itu kan baru, jadi memang belum ada feedback kepada kami dari konsumen maupun diler,” ujar Michael, Selasa (11/7).

Karena adanya kesalahan manufaktur, lampu rem berpotensi tidak menyala lantaran soketnya tak mencengkeram secara sempurna. Apabila pengendara menurunkan kecepatan tiba-tiba saat berkendara, maka dikhawatirkan pengendara yang ada di belakangnya tak memperoleh informasi dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hal itulah yang memutuskan Kawasaki Jepang melakukan penarikan massal Versys-X250.

   
Penulis: