Meluncur Besok, Honda PCX Terbaru Usung Mesin Hibrida?

Sepeda-.info – PT Astra Motor (AHM) berencana meluncurkan sepeda motor anyar pada Rabu (13/12) esok, yang diduga adalah PCX edisi . Sebelum premium tersebut dirilis, sejumlah bocoran terkait Honda PCX anyar beredar di media internet, yang salah satunya kemungkinan akan mengusung hibrida.

Honda PCX Terbaru – otomotif.kompas.com

Sebelumnya, pada ajang Tokyo Motor Show 2017 yang berlangsung beberapa waktu lalu, Honda Jepang telah memajang skuter matik PCX versi terbaru. Berbeda dengan sebelumnya, paling anyar itu tersedia dalam dua versi, yaitu hibrida dan listrik. Nah, untuk yang bakal dirilis di Indonesia, modelnya dikatakan kurang lebih sama dengan varian yang dipamerkan di Tokyo.

“Kami berencana memproduksi skuter premium Honda PCX di Indonesia dan modelnya kurang lebih sama seperti yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, beberapa waktu lalu. “Namun, untuk spesifikasi yang dibawa, masih menjadi rahasia dan tunggu saja tanggal mainnya.”

Menurut rumor yang berkembang di masyarakat, ada dua model PCX anyar yang akan dirilis di Tanah Air besok, yaitu dengan mesin bensin dan mesin hibrida. Nah, jika mesin bensin mungkin sudah familiar bagi banyak orang, lalu bagaimana dengan penerapan mesin hibrida pada skuter yang dikatakan sebagai pesaing utama NMAX tersebut?

Seperti diketahui, produksi Honda PCX listrik dan hibrida akan dilakukan di Thailand. Sebagai produsen, pabrikan asal Jepang mengusulkan agar Thailand mengadopsi UNR 136. Istilah ini merupakan standardisasi mengenai kendaraan listrik yang menyangkut keselamatan dan pedoman kebocoran, termasuk daur ulang baterai.

Untuk jantung penggerak, Honda PCX hibrida dikabarkan akan mengusung motor listrik hasil pengembangan Honda, yang mampu meletupkan tenaga maksimal 0,98 kW. Sementara, untuk mesin konvensional, ditopang oleh unit OHC, satu silinder, 4-stroke, dengan pendingin udara. Sementara, baterai diletakkan di bawah jok dan bisa dilepas atau dipasang (mobile battery pack) dan sudah dilengkapi ACG starter.

Meski belum diluncurkan secara resmi, sejumlah dealer Honda di Tanah Air telah membuka keran pemesanan PCX terbaru. Tercatat, untuk area Jakarta dan Tangerang, hingga tulisan ini diterbitkan, ada sekitar 50 unit Honda PCX terbaru yang sudah dipesan oleh konsumen. Meski demikian, harga kendaraan tersebut hingga kini belum diberitahukan secara resmi.

   
Penulis: