Mengenal Motor China (Mocin) Merek Dayang

 8001 views

sepeda asal China sempat meramaikan pasar pada awal tahun 2000-an. Motor-motor hasil produksi pabrik rumahan China ini kebanyakan menggunakan platform C100. Sementara, desain bodi mayoritas mengadaptasi (kalau tidak bisa dibilang menjiplak) produsen lain yang sudah terkenal, seperti Honda dan Yamaha. Motor buatan China sendiri dipilih masyarakat karena memiliki yang relatif murah.

Motor China Merek Dayang – dapurpacu.com

 

Ada beberapa merek sepeda motor asal China yang cukup eksis di pasaran Indonesia. Sebut saja , Sanex, Viva Motor, Kaisar Motor, dan juga Kymco dan APP-KTM. Khusus untuk Kymco dan APP-KTM, meski jarang terdengar, namun dua merek ini masih eksis hingga saat ini. Kymco terakhir merilis seri matik gambot, sedangkan APP-KTM lebih fokus meluncurkan motor niaga.

Namun, ada satu lagi merek motor asal China yang sempat berkelana di jalanan Indonesia, yaitu Dayang. Jika ditelusuri ke belakang, merek Dayang bermula dari perusahaan asal China bernama Luojia Highland yang dibentuk sebagai kerjasama antara Luoyang Northern Enterprises Group Co., Ltd dan Nya Sweden Highland Motors AB pada bulan April 2005. Perusahaan ini sendiri sudah memproduksi sepeda motor dengan merek Luojia sejak akhir tahun 1983.

Kemudian, pada tahun 1992, Luoyang Northern Enterprises Group Co., Ltd. dan Thailand Charoen Pokphand Group bekerjasama dan membentuk sebuah perusahaan patungan bernama Luoyang Northern Ek Chor Motorcycle Co., Ltd. untuk memproduksi motor dengan merek Dayang. Mengusung slogan “kemarin Luojia, sekarang Dayang”, motor Dayang dengan cepat merebut hati masyarakat sehingga cukup diminati.

Distribusi dan penjualan motor ini di Indonesia dilakukan oleh PT Dayang Motor Indonesia yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2000. Manufaktur dan outlet PT Dayang Motor Indonesia berada di Kota Solo, Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Kolonel Sutarto No. 100. Fokus pabrikan tersebut adalah motor niaga dan bemo.

Menurut data TPT Online Kementerian Perindustrian Indonesia, Dayang tercatat merilis beberapa varian sepeda motor. Di antaranya, Dayang DY 175T dengan mesin 173cc, Dayang DY 150T dengan 144cc, Dayang 125T dengan 124cc, Dayang 110T berkapasitas 110cc, Dayang 125D berkapasitas 124cc, Dayang 100S dengan mesin 100cc, dan Dayang 80TL dengan mesin 80cc.

Namun, dari sekian model sepeda motor merek Dayang, produk yang paling populer di Indonesia adalah sepeda motor roda tiga atau niaga dengan kode DY 150B. Sesuai namanya, motor ini dibekali mesin berkapasitas 150cc (tepatnya 149cc) dan sempat diproduksi 1.500 unit. Produk ini pertama kali diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2006 silam.

   
Penulis: