Minerva GTR 170, Sportmatic Alternatif Balap yang Gahar

 3819 views

Di pasar otomotif Tanah Air, tak banyak pabrikan yang berani bermain di kelas sportmatic. Pasalnya, motor jenis ini hanya diminati penghobi dengan jumlah terbatas.  Namun, hal itu tidak menyurutkan niat SACHS, industri otomotif asli yang berafilisiasi dengan Jerman, untuk meluncurkan lini sportmatic-nya, yang diberi nama GTR 170.

Minerva GTR 170 hadir sebagai alternatif pilihan bagi penggemar sportmatic. Sebelumnya, hanya Piaggio GTV 250 dan Gilera DNA yang melenggang di pasar ini.

Tampilan motor skutik yang telah diproduksi massal sejak akhir tahun 2010 silam ini memang terlihat beda daripada yang lain. Desain bodinya terlihat besar dan tampak gagah. Tampilan yang tidak kalah menarik adalah model jok yang dibuat splitseat alias model jok pengendara yang dipisah, sehingga benar-benar menyemburkan aura sportif.

Sementara itu, susunan rangka tubular, dipadu buritan lancip, fairing setengah bodi, dan setang polos tanpa headlamp menyiratkan kecepatan. Kebanyakan orang awam tentunya akan mengira motor ini sebagai model sejati.

Salah satu keunikan Minerva GTR 170 adalah pada bagian indikator bahan bakar. Jumlah bahan bakar yang masih tersedia dalam tangki ditampilkan lewat pompa bahan bakar yang terlihat berkedip. Simbol kedip cepat adalah indikator bahwa bahan bakar masih tersisa 1/2 tangki. Jika kedip panjang, menandakan volume bahan bakar tinggal 1/4 tangki.

Skuter GTR 150. (foto:edorusyanto.wordpress.com)

unggulan lain Minerva GTR 170 adalah speedometer dengan tampilan modern dan dilengkapi jam , serta diameter piston yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, yaitu GTR 150. Untuk sektor dapur pacu, motor ini berbekal 169cc, SOHC, 2 Valves with Liquid Cooler, dan mampu menghasilkan daya maksimal 12 ps/7.200 rpm, serta torsi 11 Nm/6.000 rpm.

Motor berbodi panjang ini memiliki performa yang baik di lintasan lurus. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 110 – 115 km/jam dengan posisi grip 3/4 putaran. Kestabilannya pun terbilang baik, berkat sumbu roda yang renggang.

Di Indonesia, motor ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu perpaduan kuning dan hitam, kombinasi merah dan hitam, serta biru yang bersanding dengan hitam. Minerva GTR 170 dibanderol dengan Rp17 jutaan.

   
Penulis: