Modifikasi Vespa Ceper atau Low Rider, Ini Triknya!

 2898 views

Dunia memang tidak ada habisnya. Tak cuma moped (motor bebek) atau , motor varian pun tak luput dari “tangan-tangan jahil” para . Dan, salah satu varian skuter yang kerap menjadi lahan untuk menyalurkan hobinya adalah .

modifikasi vespa ceper – yummiology.blogspot.com

 

Skuter asal Italia ini memang menjadi objek empuk bagi para modifikator untuk menyalurkan hobinya. Dalam perkembangannya, ada beberapa macam jenis atau gaya modifikasi yang bisa diterapkan pada skuter bikinan Enrico Piaggio itu. Mulai Vespa Chooper mirip moge Harley Davidson, Vespa Racing yang ditujukan untuk balapan, Vespa gembel, hingga Vespa Low Rider atau biasa dikenal dengan Vespa ceper.

Khusus untuk modifikasi Vespa ceper, ini sangat cocok bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan kondisi jalanan yang mulus. Mengendarai Vespa ceper membuat pengguna terkesan santai sekaligus elegan. Selain itu, tak hanya memiliki ground clearance yang jauh lebih rendah dari aslinya, Vespa jenis ini juga terkadang memiliki ukuran yang jauh lebih panjang dibandingkan Vespa normal.

Secara umum, ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau perlu diperhatikan ketika memodifikasi Vespa menjadi model ceper. Pertama, jangan memotong fork atau garpu pada Vespa. Untuk membuat bodi Vespa menjadi ceper, cukup dengan memotong spiral 2 hingga 4 ulir dengan gerinda. Dengan demikian, fungsi shock tidak akan terganggu, meski bodi Vespa agak sedikit merendah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya mengganti shock belakang dengan milik Vespa Super, dan sedikit modifikasi agar shock breaker tersebut bisa digunakan serta sesuai dengan dudukan shock belakang Vespa. Jika tidak memungkinkan, bisa mengganti shock belakang ini dengan shock milik motor lain yang ukurannya lebih pendek.

Kemudian, untuk menambah kesan ceper, sebaiknya modifikasi spakbor depan agar tampak menutupi separuh bagian ban. Anda bisa menggunakan jasa tukang las untuk melakukan penambahan besi plat. Dengan begitu, kesan ceper pada Vespa akan semakin kelihatan.

Nah, demikian beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan untuk melakukan modifikasi ceper pada Vespa. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

   
Penulis: