Motor 600cc Kelas Premium yang Mengaspal di Indonesia

 32143 views

kelas memang bisa dikategorikan kelas premium. Di Indonesia sendiri, ada beberapa pabrikan yang meluncurkan berkapasitas 600cc, seperti , , KTM, , dll. Sebagai yang memiliki segmen khusus, tentunya harga -motor tersebut juga mencapai ratusan juta. Tapi bicara performa, sport kelas 600 cc juga tidak main-main.

Untuk lebih mengenal motor-motor 600cc apa saja yang beredar di Indonesia, berikut kami sajikan beberapa di antaranya.

BN600

Selain , mungkin tak banyak orang Indonesia yang mengetahui keberadaan Benelli sebagai salah satu pabrikan otomotif Italia yang juga beredar di Indonesia. Sebenarnya, popularitas Benelli sudah tak perlu diragukan lagi di otomotif, karena pabrikan ini merupakan salah satu pabrikan otomotif tertua di Eropa.

Salah satu Benelli yang menjadi andalan untuk pasar Indonesia adalah BN600. Moge berjenis naked bike ala street fighter tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 82 hp pada putaran 11.500 rpm. Pabrikan asal Italia membekali motor berkapasitas 600cc itu dengan mesin DOHC 16-katup.

Sebagai motor kelas premium, harga Benelli BN600 memang tergolong tinggi. Satu unit motornya dibanderol Rp150 jutaan.

KTM Duke 690

KTM Duke 690 adalah salah satu jenis motor sport-naked di bawah flasgship Duke. Menggendong mesin berkapasitas 690cc, satu silinder, 4-stroke, dan berpendingin cair serta dipadu sistem transmisi 6 percepatan, KTM Duke 690 mampu menghasilkan daya hingga 67 hp.

Selain itu, seluruh kerangka Duke 690 menggunakan sasis tubular yang sangat ringan dan kokoh, dengan chrome-molybdenum sebagai bahan utama pembuatannya. Untuk lebih mengoptimalkan performanya, motor ini juga dibekali lengan ayun die-cast pada bagian belakang. Harga satu unit KTM Duke 690 dibanderol Rp168 jutaan.

Kawasaki ER-6n

Nama Kawasaki ER-6n mendadak populer ketika menjadi tunggangan terakhir almarhum Ustad Uje pada 2013 silam. Terlepas dari itu, motor berbanderol di kisaran Rp102 jutaan ini memang memiliki spesifikasi garang.

Kawasaki ER-6n dibekali mesin berkapasitas 650cc yang mampu menyemburkan tenaga mencapai 53 kW (72,1 hp) pada putaran 8.500 rpm. Adapun torsi maksimumnya sebesar 64 Nm (6.5 kgf.m)/7.000 rpm.

Sistem bahan bakar motor ini juga sudah mengadopsi teknologi injection. Motor dengan bobot mencapai 204 kg ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman disc brake di kedua rodanya untuk pengamanan.

Perbedaan paling mencolok Kawasaki ER-6n dengan motor sport model naked adalah pada sistem suspensi belakangnya. Jika motor naked biasa menggunakan single suspensi belakang berada tepat di tengah, Kawasaki malah membuat suspensi belakang berada di samping kanan dan lebih merunduk.

Yamaha R6

Selain Kawasaki, pabrikan asal Jepang lainnya, yaitu Yamaha, juga tak mau kalah meluncurkan motor untuk kelas premium. Pabrikan berlogo garputala tersebut punya jagoan yaitu Yamaha YZF-R6 atau biasa disebut Yamaha R6.

Yamaha R6 dibekali mesin berkapasitas 599 cc, 16-valve, DOHC, 4 Silinder, serta sistem pendinginan yang menggunakan cairan dan disandingkan dengan transmisi 6 percepatan. Dapur pacu tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 123,7 hp pada 14.500 rpm dan torsi puncak 65,7 Nm pada 10.500 rpm. Sementara untuk sistem bahan bakar injeksi Yamaha R6, sudah dikontrol dengan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dengan dua injektor.

Suzuki V-Strom 650

Pada 2014 lalu, Suzuki meluncurkan empat varian motor kelas premium untuk pasar otomotif Tanah Air. Salah satu dari empat vairan itu adalah Suzuki V-Strom 650.

Motor dengan tampilan cukup tinggi ini (jarak dari tanah ke jok mencapai 84 cm) mengusung mesin berkapasitas 645cc, 2 Silinder dengan 2 busi seperti yang diusung oleh mesin bertipe DTS-i milik Bajaj Pulsar. Meski kapasitas mesinnya cukup besar, tapi suara motor ini ternyata cukup kalem.

Suzuki V-Strom 650 bisa meraih kecepatan maksimum mencapai 205-210 km/jam untuk lintas trek lurus. Napasnya juga panjang dengan rpm mencapai 11.000. Untuk motor sejenisnya, barangkali Suzuki V-Strom 650 punya genre yang sama dengan Kawasaki Versys. Di Indonesia, motor ini dibanderol Rp200 jutaan.

   
Penulis: