Motor Balap Andalan Moto GP Yamaha M1

Pecinta Moto GP terutama para fans dan Jorge Lorenzo pasti terkagum-kagum pada tunggangan kedua superstar itu. Tahukah anda bahwa motor balap andalan MotoGP itu adalah salah satu dari ?

Yamaha M1 telah menjadi motor andalan MotoGP dengan penunggang-penunggangnya yang memiliki skill hebat serta kelincahan tingkat tinggi di lintasan balap dunia.

Empat gelar sudah dihasilkan Rossi bersama tunggangannya pada musim 2004, 2005, 2008, dan 2009. Musim ini bersama Yamaha M1 ia berpeluang merebut gelar kelima setelah untuk sementara menguasai klasemen berkat dua podium teratas di lima seri balap pertama.

Sebenarnya sehebat apakah kemampuan Yamaha M1 sehingga motor yang macho dan sporty ini didapuk untuk menjadi tunggangan para jawara lintasan dunia?

Yamaha M1 telah dibekali mesin DOHC 4 Silinder Inline with Liquid Cooled berkapasitas 1000 cc yang juga dipersenjatai dengan crossplane crankshaft diklaim dapat menghasilkan tenaga atau daya maksimal mencapai lebih dari 240 HP yang dapat mencapai top speed hingga lebih dari 330 km/jam.

Motor yang memiliki kekhasan warna silver, biru tua, hitam, dan putih ini ternyata memiliki bobot yang cukup ideal. Dengan bobot 158 kg, Yamaha M1 akan mampu menghasilkan angka PWR yang sangat tinggi sehingga membuat Yamaha YZR-M1 akan sangat agresif mulai dari putaran bawah sampai dengan putaran atas.

Yamaha M1 memiliki kapasitas bahan bakar sebanyak 22 liter untuk berlaga di sirkuit Grand Prix di tiap-tiap negara.

Secara lengkap, berikut ini adalah ulasan mengenai Yamaha M1 yang menjadi motor balap andalan MotoGP ini.

ENGINE 1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with crossplane crankshaft
CHASSIS

Aluminum twin tube delta box with multi-adjustable steering geometry Aluminum swingarm

TRANSMISSION Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available
WHEELS MFR Forged Magnesium 16.5 front, 16.5 rear
BRAKES Brembo, two 320mm carbon front discs, two four-piston calipers. Single stainless steel rear disc, twin-piston caliper
POWER Over 240 horsepower – 176KW
SUSPENTION Ohlins upside down front forks and Ohlins rear shock, all adjustable for pre-load and compression , rebound damping
TYRES Bridgestone, 16.5 inch front, 16.5 inch rear, available as slick and wet tyres
WEIGHT 158 kg. In accordance with FIM regulations

 

Dengan berbagai kelebihannya, motor balap andalan MotoGP Yamaha M1 ini dibanderol dengan angka Rp. 335.000.000

   
Penulis: