Motor Cruiser Andalan Suzuki, Intruder SP & Intruder FI SP Edisi Spesial Meluncur

 224 views

Mumbai – Akhir tahun lalu India sudah sempat merilis varian dari segmen cruiser yang dinamai Suzuki Intruder 150. yang dirancang secara khusus untuk melakukan perjalanan santai ini tersedia dalam 2 , yakni yang bertenaga karburator dan yang sudah berteknologi (fuel injection).

Suzuki Intruder 150 – motomaxx.id

Di Tanah Air sendiri pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang Suzuki di Indonesia pun sempat memajang Suzuki Intruder sebagai perkenalan di ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 beberapa waktu lalu. Sayangnya, pihak Suzuki Indonesia masih belum memutuskan untuk memasarkannya secara luas pada publik.

Menariknya, Suzuki India ternyata baru saja meluncurkan motor cruiser keren tersebut dalam edisi spesial alias Special Edition. Seperti dilansir Auto NDTV, Selasa (2/10), Suzuki Intruder 155 cc edisi khusus tersebut mengusung nama yang modelnya sama seperti seri Gixxer, yaitu, Intruder SP dan Intruder FI SP. Perbedaan utama dari versi standarnya adalah penggunaan warna hitam metalik di sekujur bodi motor dan adanya aksesoris berupa sandaran untuk boncenger.

Walaupun menggunakan cat body jenis metalik, tetapi warna hitam yang diusung pada Suzuki Intruder Special Edition masih cenderung doff. Kemudian dipadukan dengan aksen merah yang melintang di sisi samping dari depan ke belakang, sehingga memperkuat kesan maskulin dibandingkan versi standarnya.

Menurut Managing Director Suzuki Motorcycle India, Satoshi Uchida, Suzuki Intruder Special Edition kali ini lebih sporty dan mewah, cocok untuk pengendara yang menyukai tantangan. “Dengan desain head-tunning, mewah, dan sporty, membuatnya terlihat menarik. Varian Intruder dan Intruder FI cocok untuk mereka yang ingin menonjol dan suka tantangan serta berkendara ramai-ramai,” jelas Uchida.

Suzuki Intruder edisi spesial ini sudah dibekali lampu depan proyektor dengan position light LED, kluster instrumen serba digital, tailamp LED, knalpot kembar, dan set-up kursi kembar bergaya bucket untuk pengendara. Masih didominasi warna hitam, edisi spesial Intruder pun mengusung velg berwarna hitam, rem cakram di kedua ujungnya, dan sistem pengereman ABS pada rem cakram depan. Sedangkan untuk suspensi memakai teleskopik dan swing arm monoshock di bagian belakang.

Suzuki Intruder SP dan FI SP mengusung berkapasitas 154 cc 4 tak dengan pendingin udara, silinder tunggal, yang diklaim dapat memuntahkan tenaga 14 hp pada 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada 6.000 rpm yang dipadukan dengan gearbox 5 percepatan. Motor itu dijual dengan mulai 105 ribu rupee atau sekitar Rp 20 jutaan. “Kami senang bisa menghadirkan edisi khusus menjelang musim perayaan sehingga bisa menarik minat pecinta cruiser,” tutup Uchida.

   
Penulis: