Tahun Ini Honda Bakal Luncurkan Dax 125 Versi Teranyar?

Jakarta – Sosok Honda Monkey memang begitu populer dan legendaris. Setelah sukses menghadirkan motor mini ikonik tersebut di sejumlah negara, asal ini juga berencana menghadirkan Honda Monkey edisi . Monkey paling anyar itu adalah generasi keempat dari Honda Dax. Seperti diketahui, Honda Dax sebenarnya sudah berhenti diproduksi lebih dari 2 dekade silam.

Honda Dax 125 – www.oto.com

Honda sendiri kabarnya telah mengajukan nama motor dengan dagang ST125 yang digadang-gadang bakal jadi nama model baru untuk motor yang populer dengan sebutan Dax tersebut. Menurut sejumlah media, Dax 125 atau ST125 versi anyar ini akan dirilis pada bulan Maret 2021 mendatang. “Kabar santer ini didukung dengan kemunculan foto-foto Dax 125 yang ada pada majalah otomotif Jepang, Young Machine beberapa waktu lalu,” demikian seperti dilansir Greatbiker melalui Jawapos.

Baca juga:   Kawasaki Ninja 250 SE ABS & MDP Hadir dalam Warna Baru yang Makin Menawan

Namun, di sisi lain Honda Motor pada Juni 2020 lalu telah mendaftarkan nama ST 125 ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO) yang merupakan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, sekaligus ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Tak cukup sampai di situ, pada September lalu usai pendaftaran nama motor, muncul bocoran sejumlah foto di media otomotif Jepang mengenai sosok Dax125 yang memakai single seat dan juga posisi setang yang terangkat.

Baca juga:   Tampilan Yamaha Fazer 250 Beredar, Terkesan ‘Aneh’

Posisi setang setir memang sengaja didesain agak tinggi supaya memberi kenyamanan posisi untuk pengendara. Kemudian, bagian suspensi depan memakai garpu upside down, sedangkan sektor pengereman memakai cakram pada roda depan maupun belakang, tak ketinggalan rem anti-lock braking system (ABS) di roda depan.

Motor imut yang disebut-sebut bakal diproduksi di ini menggendong berkapasitas 125 cc, sama seperti Honda Monkey. Jika memang mesinnya tidak mengalami ubahan yang berarti, maka Dax125 diperkirakan dapat menghasilkan tenaga hingga 9,6 hp pada putaran 7.000 rpm dengan torsi 11 Nm pada 5.250 rpm.

Baca juga:   Alasan Piaggio Tolak Servis Vespa Tua di Bengkel Resmi

Honda Dax memang memiliki nama yang berbeda-beda karena tak hanya dijual di Jepang, tetapi di Eropa, Kanada, dan Amerika. Di Jepang, Eropa, dan Indonesia, motor ini dikenal dengan nama Honda Dax. Sedangkan di Kanada dan Amerika namanya Honda ST atau Trail.

   
Penulis: